TNI dan Polri di Gunung Mas Siaga Karhutla

APEL : IST/BERITA SAMPIT - Apel gabungan yang digelar di Polres Gunung Mas sebagai kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

KUALA KURUN – Memasuki musim kemarau di Kalimantan Tengah (Kalteng), Kepolisian Resor (Polres) Gunung Mas mengadakan apel kesiapsiagaan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di halaman Polres Gunung Mas, Jalan Bhayangkara, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, yang diikuti personel TNI dan Polri, Kamis 18 Juni 2020.

Kapolres Gunung Mas AKBP Rudi Asriman mengungkap, berdasarkan data pada 2019 di wilayah Kalteng mengalami kebakaran lahan yang sangat besar, sehingga menyebabkan negara tetangga terimbas asap. Seperti salah satu contohnya Negara Malaysia menuntut Indonesia ke pengadilan internasional karena mengalami kerugian akibat kabut asap dan kebakaran lahan.

BACA JUGA:   Koramil 1016-03 Dampingi Rapid Tes Massal di Sepang Simin

Menurutnya, berdasarkan data, akibat dampak kabut asap mengalami penurunan ekonomi sampai 10 persen. Dampak lainnya terhadap pendidikan di Kalteng diliburkan sampai 1 bulan akibat asap yang mengganggu kesehatan.

Maka dari itu agar musibah Karhutla di 2019 tidak terulang lagi di 2020 ini, maka jajaran TNI dan Polri mulai saat ini siap siaga dalam pencegahan Karhutla.

BACA JUGA:   Genjot Ekonomi Desa, Jembatan Upon jadi Wisata Baru

Sementara itu Pabung Gumas, Kodim 1016/Plk, Kapten Inf M Ayyuf menambahkan, terjadinya Karhutla karena kondisi lahan menjadi kering dan adanya kelalaian atau kesengajaan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

“Besar harapan saya kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kapolsek, Danramil, untuk bersenergi dalam mencegah terjadinya Karhutla di Kalteng melalui pemetaan wilayah, simulasi dan latihan pemadaman api, galang potensi masyarakat, penyuluhan, dan giatkan patroli TNI – Polri,” katanya. (Hardi/beritasampit.co.id).