Food Estate di Kalteng, Tokoh Masyarakat: Terima Kasih Jokowi

Yansen Binti (tengah)

 

PALANGKA RAYA – Penunjukan Kalimantan Tengah, menjadi daerah yang dijadikan sebagai Food Estate mendapatkan sambutan hangat sejumlah elemen masyarakat Kalimantan Tengah.

Salah satunya datang dari Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Indonesia. Ketua Gerdayak Indonesia, Yansen Binti menyatakan kalau program food estate adalah anugerah bagi masyarakat Kalimantan Tengah.

Pasalnya proyek nasional tersebut diketahui banyak daerah yang menginginkannya. Namun Presiden Jokowi memilih Kalimantan Tengah harus mendapatkan apresiasi.

BACA JUGA:   Kedaulatan Pangan Harus Dimulai Dari Swasembada Pangan

“Kami sangat berterima kasih kepada pak Presiden Jokowidodo yang memilih Kalteng untuk program Food Estate ini. Ini hadiah bagi masyarakat dayak khususnya,” katanya.

Yansen mengatakan kalau banyak sekali dampak positif yang bisa dirasakan masyarakat Kalimantan Tengah jika program tersebut sudah jalan. Salah satunya yang pasti kata dia, adalah pertumbuhan ekonomi, dan penyerapan tenaga kerja.

Sementara itu, Danrem 102/Panju Panjung, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto kepada wartawan belum lama ini mengatakan bahwa dalam program Food Estate tidak ada transmigrasi seperti yang selama ini beredar di media sosial.

BACA JUGA:   PMI Kalteng Apresiasi PMI Gunung Mas Berikan Layanan Sosial Operasi Katarak Gratis

Menurutnya kalaupun ada transmigrasi maka itu adalah transmigrasi lokal. “Ini akan memberdayakan masyarakat lokal Kalimantan Tengah,” katanya.

Korem nantinya akan menjadi fasiltator dalam pelaksanaan food estate tersebut. “Jadi kami siap untuk melatih masyarakat bagaimana menjadi petani yang moderen,” jelasnya.

(Hardi/beritasampit.co.id)