Hasil Pleno: DPS Kabupaten Kobar 175.588 Orang

IST/BERITA SAMPIT - Ketua KPU Kobar, Chaidir bersama Ketua Bawaslu Kobar Dorik Rozani, saat memperlihatkan rekap jumlah DPS.

PANGKALAN BUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengumumkan hasil pleno yang digelar di salah satu hotel di Pangkalan Bun, Sabtu 12 September 2020, bahwa Daftar Pemilih Sementara (DPS) dengan jumlah 175.588 orang.

“Jumlah tersebut merupakan tindak lanjut dari rekapitulasi pencocokan dan penelitian (coklit) dari 6 kecamatan se-Kabupaten Kobar yang digelar pada 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020,” kata Ketua KPU Kobar, Chaidir.

Rincian DPS tersebut, dari Kecamatan Arut Selatan (Arsel) 76.589, Kecamatan Kumai 33.712, Kecamatan Kotawaringin Lama 12.449, Kecamatan Arut Utara 4.949, Kecamatan Pangkalan Banteng 22.925 dan Kecamatan Pangkalan Lada 22.925.

BACA JUGA:   Resmi Daftar ke KPU, Ben Brahim Ajak Masyarakat Rayakan Pilkada dengan Gembira

Dijelaskan Chaidir, bahwa nantinya DPS ini akan diverifikasi kembali dan hasilnya bakal dikeluarkan dalam bentuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Untuk pengumuman berapa jumlah DPT bakal dilakukan 9-16 Oktober 2020,” ujar Chaidir.

Ia berharap agar upaya pendataan pemilih, coklit, DPS hingga DPT yang akurat, sehingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Tengah 9 Desember 2020 bisa berjalan lancar dan sukses.

BACA JUGA:   Kotim Masuk Rawan Pemilu, Bawaslu Tegaskan Soal Kampanye Calon Kepala Daerah

“Karena dengan adanya data pemilih yang akurat maka jumlah logistik pemilu seperti surat suara bakal bisa dipenuhi. Sehingga permasalahan kekurangan surat suara yang kerap terjadi, bisa diminimalisir sekecil mungkin,” pungkas Chaidir.

Saat KPU Kobar mengumumkan jumlah DPS di salah satu hotel di Pangkalan Bun, juga dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Kobar Dorik Rozani, yang dihadiri undangan lainnya, termasuk dari perwakilan para Parpol. (Man/beritasampit.co.id).