Program Membangun Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat Jadi Target Prioritas Halikinnor

ILHAM/BERITA SAMPIT - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim, H. Halikinnor - Irawati, saat merayakan kegembiraan mereka dalam kegiatan pengambilan nomor urut beberapa waktu lalu.

SAMPIT – Calon Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengungkapkan alasannya maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 ini. Halikin yang merupakan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim ini ingin lebih banyak berbuat agar masyarakat bisa merasakan pemerataan pembangunan daerah, terutama disektor Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur.

“Saya melihat pembangunan sudah sangat bagus, tapi tentunya masih ada hal-hal yang belum disempurnakan. Ada beberapa prioritas pembangunan yang menjadi program utama saya, seperti membuka lapangan pekerjaan agar tingkat pengangguran berkurang, infrastruktur, pendidikan dan juga kesehatan,” ungkap Halikin, kamis 01 Oktober 2020.

Dirinya juga sangat prihatin dengan pandemi Covid-19 yang melanda bangsa indonesia, khususnya Kotim, sebab secara ekonomi masyarakat sangat terpuruk.

“Saya sudah turun ke selatan kita lihat ada beberapa infrastruktur jalan dan juga kebutuhan peralatan pertanian yang perlu perhatian kita. Daerah tengah masih banyak Penerang jalan Umum (PJU), drainase dan juga jalan maupun gang kecil yang masih belum beraspal, termasuk juga ada pemukiman yang kumuh dan harus kita benahi kedepan,” paparnya

BACA JUGA:   Beredar Video Klarifikasi Massa yang Ada di Perkebunan Pelantaran Menegaskan Mereka Bukan Preman

Pada wilayah utara Kotim, Halikin juga menermati masih banyak jalan-jalan khususnya diperkampungan yang belum beraspal. Selain itu juga banyak lahan masyarakat yang terlantar karena tidak memiliki modal untuk mengelolanya.

“Ini jadi catatan saya, apalagi saat musim penghujan akan terjadi amblas dan juga sulit dilewati jalan disana. Kedepan kalau saya dipercaya memimpin Kotim, pengadaan alat berat disetiap Kecamatan itu ada, sehingga bisa dikelola oleh pihak Kecamatan baik untuk pembangunan maupun membantu menggarap lahan masyarakat, agar bisa mereka kelola dan bisa meningkatkan perekonomiannya,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Kadishub Kotim Lempar Tanggung Jawab ke Bawahan Soal Pungli Parkir di SPBU

Banyak potensi daerah yang perlu digarap untuk mensejahterakan masyarakat dan juga kemajuan pembangunan daerah, seperti memaksimalkan peran sektor perkebunan kelapa sawit yang cukup besar di Kotim ini.

“CSR belum pernah dikelola dengan baik, artinya dikelola sendiri oleh pihak perusahaan. Kedepannya ini menjadi potensi yang cukup besar, nanti kita akan undang pihak investor perkebunan agar mereka bisa benar-benar berkontribusi terhadap daerah. Karena kita lihat masih ada sekolah yang kondisinya memprihatinkan, bahkan ada Desa yang rumah gurunya tidak ada. Dan ini harusnya Pemda besinergi dengan dunia usaha dan didukung seluruh masyarakat yang ada,” tandasnya.

(Cha/beritasampit.co.id)