Polisi Sigap Tanggapi Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Petugas kepolisian saat memadamkan Api.
PALANGKA RAYA – Polresta Palangka Raya segera mengerahkan timnya untuk membantu melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di salah satu lahan di sekitaran Jalan Tjilik Riwut Km 13, Kelurahan Petuk Ketimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang diduga telah terbakar sekitar pukul 12.00 WIB, Selasa 13 Oktober 2020.

Iptu I made Suparma beserta tim segera membantu melakukan pemadaman pada lahan yang terbakar tersebut, dengan melakukan penyiraman secara masif yang didapat dari sumber air di sana.

BACA JUGA:   Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng Apresiasi PWI

“Saat ini api telah berhasil dipadamkan, untuk selanjutnya kami akan mencari informasi pemilik lahan dan warga sekitar mengenai kronologis terjadinya kebakaran lahan ini,” Iptu I made Suparma.

Di tempat berbeda Kapolsek Bukit Batu Iptu Muludin, mengecek Posko VI penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terletak di Kelurahan Marang Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Iptu Muludin yang didampingi oleh Wakapolsek Bukit Batu Ipda Manton Sidabariba dan Anggota Posko Aiptu Kuswadi dan Aipda Abdul Azis memastikan bahwa perlengkapan Karhutla dalam kondisi lengkap dan baik sehingga selalu siap untuk digunakan setiap saat.

BACA JUGA:   Candra Wardana Nahkodai KMHDI Kalteng Periode 2020-2022

Muludin menambahkan, selain mengecek peralatan dirinya juga mengecek lokasi embung melalui panel data serta memastikan debit air apakah masih tersedia atau sudah mengering sebagai Langkah antisipatif apabila terjadi Karhutla disekitar lokasi.

“Untuk petugas Posko agar selalu memantau perkembangan titik api di Kota Palangka Raya terutama Kecamatan Bukit Batu serta tingkatkan terus koordinasi dengan instansi terkait guna memaksimalkan upaya penanggulangan Karhutla,” kata Iptu Muludin. (Hardi/beritasampit.co.id).