Polisi Ajak Warga Patuhi Prokes dan Wujudkan Pilkada Damai

IST/BERITA SAMPIT - Personil Saat Sosialisasi Pilkada Damai

PALANGKA RAYA – Personel Polsek Sebangau Aiptu Agus Setiawan bersama rekannya menyambangi masyarakat di Kelurahan Sabaru, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat 16 Oktober 2020.

Bersama dengan masyarakat di sana, Agus mensosialisasikan tentang upayanya mewujudkan pilkada damai dengan menolak segala bentuk praktek kampanye hitam (black campaign) yang melanggar hukum.

“Tolak segala bentuk praktek politik uang dan jangan mudah terprovokasi oleh berita-berita hoax yang memicu terjadinya perpecahan dan kebencian, serta hindari termakan isu-isu ras maupun sara,” imbau kata Personel Polsek Sebangau Aiptu Agus Setiawan.

Mendukung upaya tersebut, ia pun mengajak masyarakat untuk mendeklarasikan komitmen untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban agar dapat terwujudnya pilkada yang damai.

“Marilah kita bersama-sama mangawal dan menjaga keamanan tahapan pesta demokrasi serentak ini, selain itu juga senantiasa mematuhi protokol kesehatan guna mencegah resiko penularan wabah Covid-19,” pungkasnya.

Hal serupa juga dilakukan bhabinkamtibmas Polsek Sebangu Bripka Piliang menyambangi warga binaannya di Kelurahan Kalampangan, pihaknya mensosialisasikan protokol kesehatan dan langkah 3 M.

BACA JUGA:   Dishub Kota Palangka Raya Benahi Terminal Mahar Mahir

“Saat beraktivitas sehari-hari marilah kita disiplin menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yakni dengan menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan (3M) sebelum maupun sesudah beraktivitas,” terang Bripka Piliang.

Selain mensosialisasikan hal tersebut, dirinya juga membagikan masker kepada masyarakat yang belum menggunakannya, sebagai bentuk kepedulian guna mencegah terjadinya resiko penularan Virus Corona.

“Dengan adanya upaya dan kedisiplinan dari dalam diri kita masing-masing untuk mematuhi protokol kesehatan, maka percayalah bahwa wabah ini dapat segera berakhir dan tertanggulangi,” tambahnya.

IST/BERITA SAMPIT – Petugas saat sosialisasi prokes

Di tempat berbeda Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu, Aipda Abdul Azis juga melakukan hal serupa, pihaknya juga mengajak menjaga kamtibmas dan mengingatkan agar senantiasa mematuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari, serta mengadaptasikannya sebagai kebiasaan yang baru.

“Selalu gunakan masker dan menjaga jarak fisik, selain itu juga penting untuk rajin mencuci tangan sebelum maupun sesudah beraktivitas sehari-hari, demi terhindar dari resiko tertular Virus Corona,” ucapnya.

BACA JUGA:   Polisi Ringkus Kurir Sabu di Palangka Raya
IST/BERITA SAMPIT – Petugas Saat Melakukan Patroli

Bhabinkamtibmas Polsek Sebangau Bripka Nasution yang memimpin Patroli gabungan gerakan Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat 16 Oktober 2020. Patroli gabungan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Saat melakukan patroli, mereka menjelajahi lahan-lahan yang terbentang luas di kawasan tersebut untuk melakukan pemantauan potensi munculnya titik api, serta memetakan kawasan yang rawan terjadi karhutla.

“Belum ditemukan adanya titik api, namun kerawanan masih terlihat dari kondisi tanah dan rawa yang mengering, tentunya akan mudah terbakar apabila tersulut api dan akan merambat pada lahan di sekitarnya,” kata Bhabinkamtibmas Polsek Sebangau Bripka Nasution.

Setelah menandai lahan yang berpotensi, mereka pun bergerak untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat sekitar dengan menggunakan maklumat Kapolda Kalimantan Tengah, agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara dibakar.

(Hardi/Beritasampit.co.id)