Kapal Feri KMP BILI Terbalik di Pelabuhan Sambas

KARAM :IST/BERITASAMPIT - Detik-detik karamnya Kapal Ferry KM BILI di pelabuhan penyebrangan Dermaga Perigi Piai.

SAMBAS – Kecelakaan menimpa Kapal Motor Penyeberangan (KMP) BILI di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Diketahui kapal Feri penyebrangan yang menghubungkan Tebas dengan Tekarang itu tiba-tiba terbalik ke laut

Dari informasi yang dihimpun, kecelakaan ini terjadi pada Sabtu 20 Februari 2021 sekira pukul 13.20 Wib. Awal mula kejadian ini ketika Kapal Feri KM BELI yang sedang bersandar di dermaga Perigi Piai sebelum sempat menurunkan penumpang mengalami miring sebelah kanan, sehingga menyebabkan air masuk kedalam Feri.

BACA JUGA:   Galian C Diduga Ilegal di Cempaga, Begini Respon Kapolsek hingga Kapolres

“Akibat masuknya air ini, menyebabkan KM BILI tumbang ke arah sebelah bagian kanan. Sehingga mengakibatkan penumpang dan kendaraan ikut terjatuh dan tenggelam,” ucap Komandan Kodim 1208 Sambas Letkol Inf Setyo Budiyono dalam rilisnya, Sabtu 20 Februari 2021.

Disampaikan dalam rilisnya, sementara untuk penyebab utama terjadi karamnya kapal KM BILI ini belum diketahui jelas. Lantaran pihaknya lebih memfokuskan untuk melakukan proses evakuasi para penumpang dan kendaraan serta material lainnya.

“Untuk perkembangan lain selanjutnya akan segera dilaporkan, untuk sementara lebih difokuskan untuk melakukan proses evakuasi,” demikian Dandim Sambas.

BACA JUGA:   Mayat Bayi Mengapung di Sungai Mentaya Diduga Sudah Dua Hari

Sementara itu, dari rekaman video amatir yang tersebar terlihat dengan jelas detik-detik Kapal Feri KM BILI ini mengalami karam dengan posisi miring sebelah kanan sampai tali pengikat kapal yang terikat di dermaga tidak mampu menahan bobot kapal yang begitu berat.

Disisi lain dari video amatir, diatas tubuh kapal Feri dengan posisi sudah miring itu terlihat dengan jelas beberapa orang menyelamatkan diri. Kapal feri tenggelam itu mengangkut sebanyak 87 penumpang dan 53 kendaraan.

(im/beritasampit.co.id).