Ternyata Puasa Masa Pandemi Covid-19 Ada Tipsnya, Simak Ini?

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Gondo Utomo.

PALANGKA RAYA – Melaksanakan ibadah puasa ramadan ditengah pandemi Covid-19 ada tantangan tersendiri bagi masyarakat muslim. Sehingga diperlukan tips berpuasa yang baik.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kalimantan Tengah, Gondo Utomo berpuasa di masa pandemi, asupan makanan yang dikonsumsi harus bisa menjadi sumber nutrisi dan energi bagi tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan energi selama beberapa jam berpuasa, kandungan gizinya pun sebisa mungkin mampu menjaga imun tubuh agar tidak mudah terpapar Covid-19.

“Menu makan sahur harus menjadi salah satu hal yang mendapatkan perhatian, seperti kandungan gizinya harus lengkap, ditambah dengan sumber vitamin yang bisa didapatkan dari buah atau sayuran. Sehingga makan sahur bukan asal kenyang, karena akan menjadi sumber energi selama satu hari yang tidak makan karena berpuasa,” katanya melalui melalui pesan WhatsApp, Rabu 14 April 2021.

BACA JUGA:   Langkah Muhammad Syauqie untuk Menjadi Gubernur Kalteng Terhalang Ini

Selain itu, wajib menghindari konsumsi makanan atau minuman yang justru akan memicu munculnya rasa haus. Misalnya makanan yang terlalu banyak mengandung garam, yang akan membuat tubuh bereaksi dan mempercepat munculnya rasa haus saat berpuasa. Konsumsi air putih yang cukup harus dilakukan dengan baik, jangan sampai minum air putih dalam volume banyak pada satu waktu yang sama.

BACA JUGA:   Terkait Dugaan Malpraktik, RSUD Doris Ungkap Penanganan yang Dilakukan Sudah Sesuai Prosedur

“Minum air putih yang cukup bisa dibagi, misalnya setelah salat Maghrib, sebelum Isya, setelah tarawih dan seterusnya sampai ke saat sahur. Jangan langsung banyak di makan sahur, itu kalau secara medis akan kurang baik bagi tubuh,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).