UPR Semakin Maju Cetak SDM Berkualitas

M.SLH/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Panitia UTBK yang merupakan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Perencanaan UPR Prof. Dr. Sulmin Gumiri, M.Sc.

PALANGKA RAYA – Dengan kemajuan teknologi membuat para pelajar tamatan SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan mudah mendapatkan informasi dalam menentukan universitas mana yang akan mereka pilih sesuai dengan potensi dan keahlian mereka

Terkait hal tersebut Wakil Ketua Panitia Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Perencanaan UPR Prof. Dr. Sulmin Gumiri, M.Sc. menjelaskan bahwa, dengan kemajuan teknologi dan informasi sekarang ini dirinya selalu mengatakan, semua orang punya kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang, tidak lagi menentukan mereka kuliah dimana dan jurusan apa.

BACA JUGA:   Kalapas Sampit dan Ka KPLP Raih Predikat Camlaude Wisuda di UPR

“Yang dia lihat adalah apakah suasana di universitas itu memberikan akademik atmosfer, suasana akademik kepada dirinya untuk berkembang maksimal, dan Universitas Palangka Raya kita memang menyediakan itu,” terang Prof. Sulmin Gumiri, Kamis 15 April 2021.

Dirinya mengungkapan bahwa, setiap tahun seluruh anak-anak di semua program studi yang punya IPK terbaik itu dipoles oleh UPR untuk memang melanglang buana ke dunia internasional.

“Tapi yang terbaik sekarang 38 orang, 38 anak-anak terbaik itu kami menyiapkan mereka bahasa, paradigma dan wawasan berpikir, semuanya kita siapkan karena mereka punya potensi,” tutur Prof. Sulmin.

Disisi lain, menurut Sulmin, Universitas Palangka Raya diuntungkan, rahmat dari yang kuasa sebentar lagi tinggal hitungan tahun, setahun dua tahun ini akan berada di tetangganya ibu kota negara Indonesia.

BACA JUGA:   BEM UPR Ancam Demo Bank Kalteng Jika Kartu ATM Beasiswa TABE Tak Kunjung Dicetak

“Apa bedanya kita dengan Bandung dan Jogja ataupun universitas yang ada di pulau Jawa, sekarang sentral pengembangan Indonesia itu akan berada di pulau Kalimantan, makanya tinggal sekarang pimpinan seperti apa,” ujarnya.

“Sekali lagi saya katakan, kita beruntung punya pemimpin yang begitu bijak, begitu bisa merekam semua orang dan begitu piawai dalam mengkomunikasikan gagasan dia bukan hanya kepada para sahabatnya akan tetapi kepada pemimpin-pemimpin Indonesia,” ungkap Prof. Sulmin. (M.Slh/beritasampit.co.id).