Pengedar Narkoba Semakin Nekat, Serang Polisi Dengan Sajam

(IST/BERITA SAMPIT) : Pengedar narkoba yang menyerang petugas dengan senjata tajam ditangkap Polda Kalsel_//Ant.

BANJARMASIN – Pengedar narkoba di Kalimantan Selatan (Kalsel), belakangan ini semakin nekat, bahkan menyerang polisi menggunakan senjata tajam (sajam) ketika akan ditangkap.

Seperti yang dilakukan pengedar berinisal A (37), sempat menyabetkan sajam jenis belati kearah anggota Subdit 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalsel, ketika akan diringkus di rumahnya, di Kelurahan Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, pada Sabtu 17 April 2021.

Dari tangan pelaku yang nekat melukai petugas itu, disita tiga paket sabu-sabu dengan berat 0,57 gram serta sajam yang digunakan tersangka juga disita sebagai barang bukti.

BACA JUGA:   Sepekan setelah Ditemukan Mengapung di Sungai Mentaya, Jenazah Bayi Belum Dimakamkan

“Satu anggota terluka akibat serangan sajam tersangka,” terang Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Kalsel, AKBP Meilki Bharata, Senin 19 April 2021.

Meilki menegaskan, tersangka yang sehari-harinya berprofesi sebagai sopir itu dijerat pasal berlapis, yakni Pasal 114 Ayat (1) Subsidair Pasal 112 Ayat (1) Undang-Undang RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, karena kepemilikan narkotika golongan 1 jenis sabu-sabu. Pelaku juga dijerat Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 karena membawa senjata tajam tanpa izin.

“Aksi nekat dari pengedar ini menjadi peringatan bagi seluruh anggota agar lebih berhati-hati dan waspada lagi ketika proses penangkapan. Jika sudah sampai mengancam keselamatan petugas, maka kami juga tidak segan-segan mengambil tindakan tegas dan terukur terhadap tersangka,” pungkas Meilki mewakili Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel Kombes Pol Tri Wahyudi.

BACA JUGA:   Seorang Pengendara Motor di Katingan Diduga Jadi Korban Tabrak Lari Truk Bermuatan

Sebelumnya, aksi penyerangan pengedar terhadap polisi juga terjadi pada 25 Maret 2021 lalu. Tersangka SR (47) melawan menggunakan senjata tajam ketika diringkus saat bertransaksi sabu-sabu di Jalan Swadaya, Desa Kurau Selatan, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut.
Beruntung petugas Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Kalsel sigap mengantisipasi dan tersangka dapat dilumpuhkan tanpa ada polisi terluka.

(BS-65/beritasampit.co.id)