180 ASN Kemenag Kalteng Ikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua

VAKSINASI : HARDI/BERITA SAMPIT - Salah satu pegawai Kemenag Kalteng menerima suntik vaksin Covid-19 tahap dua, Senin 26 April 2021.

PALANGKA RAYA – Sekitar 180 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap kedua, di Aula Kemenag Kalteng, Senin 26 April 2021.

Kabid Bimas Kristen Kemenag Kalteng Kardinel, mengatakan bahwa vaksin ini aman, dan dengan vaksin imun tubuh menjadi meningkat.

Pada kesempatan yang sama Kabag Humas Kemenag Kalteng Gondo Utomo menjelaskan, bahwa Kemenag Kalteng sangat mendukung terkait penyuntikan vaksin tersebut. Untuk Kemenag Kabupaten dan Kota mayoritas pegawai sudah mendapatkan suntikan vaksin, sedangkan Kemenag Kalteng saat ini merupakan tahap kedua.

BACA JUGA:   Kelurga Besar DLH Kalteng Buka Puasa Bersama dan Peringatan Nuzulul Quran

“Selain itu ada beberapa pegawai yang dimana kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk divaksin, sehingga pegawai tersebut nyusul di instansi lain. Sehingga dengan penyuntikan vaksin ini merupakan komitmen dari Kemenag Kalteng agar wabah Covid-19 tidak semakin meluas,” ucapnya.

Penyuntikan vaksin ini sebagai pendukung upaya Pemerintah untuk menciptakan imunitas kekebalan tubuh, khususnya di lingkungan Kemenag Kalteng yang juga melayani pelayanan publik.

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

Gondo menjelaskan, bahwa penyuntikan vaksin itu tidak membatalkan puasa, karena MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa penyuntikan vaksin tidak membatalkan puasa.

Hal itu dikarenakan bahwa vaksin tersebut disuntikan melalui pembuluh darah, bukan melalui mulut atau hidung, sehingga hal ini menjadi dasar Pemerintah memperbolehkan vaksinasi di Bulan Puasa. (Hardi/beritasampit.co.id).