API UMKM Kotim Ajukan Bantuan Presiden Rp. 1,2 Juta

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM H Taufik Nurdin saat menerima berkas dari perwakial API UMKM Kotim.

SAMPIT – Aliansi Penggerak Industri (API) UMKM Kotawaringin Timur (Kotim) menyerahkan berkas pengajuan bantuan presiden (Banpres) kepada Dinas Koperasi dan UMKM setempat.

Penyerahan itu langsung terima oleh Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM H Taufik Nurdin. Adapun jumlah berkas yang diajukan sebanyak ratusan berkas dari para pelaku UMKM.

“Hari ini kita telah menyerahkan berkas pengajuan banpres kepada dinas koperasi Kotim. Total sebanyak 132 berkas pengajuan dari para pelaku usaha UMKM kita himpun dan selanjutnya akan diverifikasi atau di seleksi oleh dinas terkait,” kata Nur Firmansyah, ketua API UMKM Kotim, Senin 3 Mei 2021

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Raih Predikat Sangat Baik Terkait Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi 2023

Sementara itu, berkas pengajuan banpres yang paling banyak adalah bidang kuliner. Dirinya menyebut hampir 70 persen berkas didominasi oleh pelaku kuliner.

Dirinya berharap pengajuan itu dapat diterima sehingga dapat membantu membangkitkan para pelaku usaha UMKM di tengah pandemi Covid-19. “Insyaallah berkas yang kita ajukan ini adalah berkas dari para pelaku yang layak menerima dan telah memenuhi syarat administrasi,” tutup Firmansyah.

Untuk diketahui Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), nama resmi dari Bantuan Presiden atau Banpres Produktif, tahun 2021 sebesar Rp 1,2 juta per UMKM.

BACA JUGA:   Siswa Bagikan Takjil, Kadisdik Kotim: Menanamkan Pendidikan Karakter

BPUM adalah bantuan yang sudah diluncurkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sejak 28 Agustus 2020. Tahun lalu, setiap UMKM mendapat bantuan cuma-cuma Rp 2,4 juta dengan total anggaran Rp 28,9 triliun.

Perbankan penyalur ini mulai dari Bank BRI, Bank BNI, sampai Bank Aceh Syariah. Bila dana sudah sampai ke perbankan penyalur ini, barulah para penerima tinggal menunggu proses pencairan.

(jmy/beritasampit.co.id)