Kobar Menjadi Kawasan Pembangunan Industri Prioritas

IST/BERITA SAMPIT - Peningkatan pembangunan infrastruktur jalan menuju Kawasan Industri dan Pelabuhan Roro dari Natai Raya sampai Desa Sungai Tendang Kumai.

PANGKALAN BUN – Pembagunan infrastruktur mulai dari jalan, jembatan, kawasan industri, perkantoran, sekolah, rumah sakit, Puskesmas, perumahan rakyat tampak semakin ditingkatkan secara menyeluruh oleh Pemerintah Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Joko Widodo, melalui Kementerian PUPR.

Bahkan sepanjang tahun 2020-2024 Presiden Jokowi telah mencanangkan pembangunan Kawasan Industri Prioritas di luar Pulau Jawa. Target tersebut telah memiliki IUKI efektif.

Berdasarkan Rencana Strategis Kementerian Perindustrian tahun 2020-2024, Pemerintah memprogramkan pengembangan 11 kawasan industri prioritas di luar Jawa pada 2020, dan meningkat menjadi 17 kawasan industri prioritas pada tahun 2024, termasuk di Borneo Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Dr. Juni Gultom, ST., MTP saat diwawancara awak media beritasampit.co.id, Sabtu 29 Mei 2021.

Menurut Juni, dengan adanya program infrastruktur dari Kementerian PUPR, maka program tersebut seiring pula dengan program Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Kobar: Penyerahan Laporan Keuangan Kepada BPK Berdasarkan PPU Wajib Dilaksanakan Seluruh Pemda

“Dalam artian yang tadi saya katakan di atas yang secara keseluruhan telah dan sedang dibangun. Maka, dalam pencanangan kawasan industri prioritas, Provinsi Kalimantan Tengah termasuk Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) juga menjadi salah satu target peningkatan pembangunan Kawasan Industri Prioritas di luar Pulau Jawa,” jelas Juni.

Di Kabupaten Kobar sendiri lanjut Juni, setelah PT. Surya Borneo membuka lahan Kawasan Industri, walaupun belum maksimal karena sejumlah ruas jalan pembangunannya masih terus ditingkatkan. Dipastikan kedepannya Kawasan Industri Surya Borneo di Kabupaten Kobar yang digarap oleh swasta bakal menjadi Primadona Kawasan Industri di Provinsi Kalteng.

Dengan sarana infrastruktur jalan yang sudah cukup memadai, maka ekonomi di Kabupaten Kobar akan semakin berkembang.

BACA JUGA:   Sebuah Rumah Kayu di Kelurahan Baru Pangkalan Bun Terbakar

“Dengan peningkatan pembangunan jalan Kawasan Industri akan mendorong pemerataan ekonomi yang inklusif di Kabupaten Kobar. Dan untuk mewujudkan Kobar Sentris, Dinas PUPR Kabupaten Kobar saat ini terus menggenjot pembangunan infrastrukur jalan, antara lain juga jalan untuk menuju kawasan industri dan jalan Pelabuhan Roro,” ungkap Juni.

Sekarang kata Juni, yang sedang digenjot peningkatan pembangunannya di ruas jalan menuju kawasan industri dan pelabuhan Roro, di Natai Raya batas Desa Sungai Tendang Kecamatan Kumai, dengan Cor Beton fc 30 MPa (Kontruksi Rigid).

“Semua program infrastruktur yang telah ada terus dibangun, tiada lain tujuannya untuk mendorong pemerataan ekonomi yang inklusif dan mewujudkan Indonesia sentris. Dan semoga, pembangunan industri di Kabupaten Kobar  semakin maju serta ekonomi kerakyatannya pun semakin berkembang mensejahterakan masyarakat,” pungkas Juni. (Man/beritasampit.co.id).