Percepat Realisasi Vaksinasi Covid-19, Gubernur Kalteng : Capai 70 Persen Sampai Akhir Desember

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, menyapa salah seorang lansia yang mengikuti vaksinasi di kawasan Pasar Kahayan, Palangka Raya, Selasa 1 Juni 2021.//Ist-Antara/Muhammad Arif Hidayat;

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, terus mendorong jajarannya bersama pemerintah kabupaten dan kota, untuk mempercepat realisasi vaksinasi Covid-19.

Sugianto mengatakan, usai dirinya dilantik bersama Wakil Gubernur Edy Pratowo beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan agar pemda bisa memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi.

Untuk itu, bupati dan wali kota diimbau agar secara serius melakukan percepatan vaksinasi, hingga pada akhirnya kekebalan kelompok atau herd immunity bisa diwujudkan.

“Kalau bisa sebulan ke depan sudah mencapai 30-40 persen. Sampai akhir Desember untuk Kalteng, vaksinasi sudah mencapai 70 persen,” kata Sugianto, Rabu 2 Juni 2021.

BACA JUGA:   Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga, Yuas Elko: Upaya Stabilisasi Harga Pangan Jelang Hari Besar

Dikatakan bahwa, salah satu sasaran yang penting dalam vaksinasi adalah kaum lansia, mengingat mereka termasuk dalam kelompok rentan.

“Lansia ini penting, salah satunya sebagai upaya menekan angka kematian akibat Covid-19,” kata Gubernur Kalteng. Dilansir dari Antara.

Selain itu dirinya meminta kepada masyarakat yang telah menerima vaksin, agar turut membantu mensosialisasikan pentingnya vaksinasi dan keamanannya kepada masyarakat lain yang belum divaksin.

“Diperlukan upaya bersama agar vaksinasi khususnya di Kalteng bisa berjalan lancar dan sukses. Ini sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus maupun mengakhiri pandemi,” ucap Sugianto Sabran.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Halikinnor Dinilai Layak Maju di Pilkada Kalteng 2024

Diketahui, sasaran vaksin di Kalteng hingga 1 Juni 2021, untuk tenaga kesehatan tahap I dan II masing-masing 19.927, sedangkan pencapaian untuk tahap I sebanyak 21.151 dan tahap II 19.549.

​​​​​​​Untuk pelayanan publik pada tahap I 198.927 sasaran dan tahap II mencapai 198.975, sementara realisasinya tahap I sebanyak 108.213 sedangkan tahap II baru 57.422.

Kemudian para lansia dengan target tahap I dan II masing-masing 191.817, sedangkan pencapaian tahap I hanya 21.962 dan tahap II baru 9.127.

(BS-65/beritasampit.co.id)