Latihan PBB, Letnan Panca Ajari Mahasiswa Sikap Sempurna

(Ist-dok.Zidam XII/Tpr)

PALANGKA RAYA – Dengan gerakan seragam, cepat, rapi dan serentak, 20 orang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP), Universitas Kristen Palangkaraya (UNKRIP) dan Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Palangkaraya, mengikuti latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Pemberian latihan PBB berlangsung selama 2 hari dan dilanjutkan dengan praktek perencanaan dan pemasangan jaringan listrik, merupakan materi pendukung pada Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan yang digagas Denzibang Palangkaraya.

“Saya berharap latihan PBB ini dapat meningkatkan kedisiplinan mahasiswa dan melatih kerjasama tim”, kata Lettu Czi Panca Setiawan saat memimpin latihan tersebut.

BACA JUGA:   Satgas TMMD me-112 Bangun Pondasi Teras Musala

Materi PBB diberikan kepada para mahasiswa ini diberikan kepada mahasiswa untuk melatih kedisiplinan dan ketangkasan serta kerjasama dalam tim.

Aba-aba tegas dan keras disampaikan kepada 20 mahasiswa saat melakukan gerakan di tempat dan gerakan berpindah.

Gerakan di tempat meliputi sikap sempurna dan istirahat, sikap hormat, hadap kanan, hadap  kiri dan jalan di tempat. Sedangkan gerakan berpindah meliputi langkah tegap, haluan kanan dan haluan kiri.

BACA JUGA:   Danrem 101/Ant Minta Semua Pihak Jaga Sinergitas Sukseskan TMMD Ke-112

“Latihan PBB kepada para mahasiswa ini agar mereka peduli dengan kedisiplinan. Adapun sikap sempurna, adalah sikap posisi berdiri dan duduk dalam pelaksanaannya sikap tidak ada gerakan bagi anggota tubuh dengan ketentuan yang telah diatur pada tiap-tiap bentuk posisi sikap sempurna,” ungkap Lettu Czi Panca Setiawan.

(Sumber : Rilis-Denzibang Pky-Zindam XII/Tpr)