Pemkab Barito Utara Umumkan Pendaftaran CASN dengan 509 Formasi

Kepala BKDPSDM Barito Utara Fakhri Fauzi.//Ist-ANTARA/Dinas Kominfosandi Barut (handout)

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengeluarkan pengumuman mulai dibukanya pendaftaran calon pegawai aparatur sipil negara (CASN) 2021, untuk mengisi sebanyak 509 formasi yakni pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Barito Utara, Fakhri Fauzi, mengatakan, kuota CASN itu sesuai surat keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pada 21 April 2021 tentang penetapan kebutuhan ASN di daerah ini dengan 509 formasi. Formasi CASN tersebut untuk PPPK guru sebanyak 387 formasi, tenaga kesehatan ada tujuh formasi dan tenaga teknis 115 formasi.

“Penerimaan CASN ini kami umumkan Rabu (30/6) malam dengan pendaftaran CASN secara online melalui http://sscn.bkn.go.id ini sampai 21 Juli 2021. Untuk calon pelamar PPPK guru merupakan tenaga honor eks katagori II, guru honorer yang mengajar di sekolah negeri, guru bukan ASN yang mengajar di sekolah swasta dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru,” kata Fakhri, Rabu 30 Juni 2021 malam.

Dijelaskan, bahwa formasi untuk PPPK guru meliputi ahli pertama guru agama Islam, Hindu dan Katolik masing-masing satu formasi, guru Bahasa Indonesia sebanyak 17 formasi, Bahasa Inggris tujuh formasi, Bimbingan Konseling 35 formasi, guru IPA empat formasi, dan guru kelas mencapai 130 formasi.

Kemudian guru Matematika delapan formasi, Penjasorkes 87 formasi, PPKN 15 formasi, Prakarya dan Kewirausahaan 24 formasi, Seni Budaya 22 formasi dan guru TIK 35 formasi.

“Untuk tenaga kesehatan hanya tujuh formasi yakni ahli pertama bidan dan penyuluh kesehatan masyarakat masing-masing dua formasi, sedangkan dokter, dokter gigi dan perawat masing-masing satu formasi,” jelas dia. Dikutip dari Antara.

Fakhri menambahkan, untuk tenaga teknis, meliputi ahli pertama Analisis Sumber Daya Manusia Aparatur ada 4 formasi, Arsiparis 2 formasi, Auditor 8 formasi, Medik Veteriner 3 formasi, Penata Ruang 4 formasi, Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintah Daerah 6 formasi dan Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa 10 formasi.

Selain itu Penggerak Swadaya Masyarakat 7 formasi, Penyuluh Pertanian sebanyak 16 formasi, Polisi Pamong Praja 8 formasi, Surveyor Pemetaan 4 formasi, Analis Pemberdayaan Masyarakat 2 formasi, Pengawas Jalan dan Jembatan 5 formasi, Pengawasan Mutu Bibit Ternak 4 formasi, Pengelola Bahan Pustaka, Pengelola Barang Milik Negara, dan Pengelola Budidaya Pengembangan Ternak dan Hewan lainnya serta Penyusun Rancangan Perundang-Undangan masing-masing dua formasi.

“Untuk Pengelola Keuangan dan Penyulun Bencana masing-masing satu formasi, Terampil Auditor dan Verifikator Keuangan masing-masing enam formasi serta Penyuluh Pertanian sepuluh formasi,” kata dia lagi.

BKPSDM Barito Utara juga mengimbau calon pelamar CASN mulai mempersiapkan diri baik mulai dari berkas administrasi maupun dari sisi kesehatan dan kemampuan menjawab soal tes yang nantinya diujikan.

Para pelamar nanti menyerahkan berkas ke Sekretariat Seleksi penerimaan CASN di BKDPSDM diantaranya seperti ijazah, transkrip, nilai, surat tenaga registrasi (STR) perawat, Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.

“Seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) menggunakan sistem ‘computer assisted test’ atau CAT bertempat di SMKN 1 Muara Teweh,” ujar Fakhri.

(BS-65/beritasampit.co.id)