Sukseskan Program Food Estate, Pemda Harus Bisa Tingkatkan SDM Lokal

M.SLH/BERITA SAMPIT - Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kuwu Senilawati berharap Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dalam pelaksanaan program Food Estate.

“Kami harapkan Pemerintah Daerah dapat menterjemahkan program Food Estate, agar bisa memberi manfaat bagi masyarakat, terkhusus yang ada di kabupaten maupun secara umum Provinsi Kalteng,” kata Kuwu Senilawati kepada media ini melalui WhatsApp, Kamis 8 Juli 2021.

Legislator dari Partai Gerindra ini juga menjelaskan, bahwa program sebesar Food Estate memiliki pertimbangan yang jelas, dan Kalteng pertama kali ditunjuk oleh Pemerintah Pusat. Akan tetapi, pihaknya mengharapkan Pemerintah Daerah juga mampu meningkatkan SDM lokal.

BACA JUGA:   Sektor Kesejahteraan Rakyat Harus Terus Diperhatikan

“Kalau dirasa kurang memiliki skill, berilah masyarakat program pelatihan dan penyuluhan, yang kami rasa itulah bentuk dukungan Pemerintah terhadap masyarakat lokal. Supaya program pusat itu dapat maksimal sehingga akan memberikan dampak yang baik pada masyarakat,” tutur Anggita Dewan Bidang Kesejahteraan Rakyat ini.

Wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas (Gumas) ini menambahkan, semua teknologi yang digunakan sebagai alat untuk mengelola program tersebut diyakini belum dapat dikuasai sepenuhnya oleh para petani lokal.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

“Maka dari itu, kami meminta agar Pemerintah Daerah, baik itu di Kabupaten Kuala Kapuas, Pulang Pisau, dan Gunung Mas, dapat memberikan pendampingan yang optimal untuk para petani lokal kita, sehingga ke depan mereka mampu turut serta mensukseskan program Food Estate ini,” tutup Kuwu Senilawati. (M.Slh/beritasampit.co.id).