Fairid: Perpanjang PPKM Kemungkinan Penurunan Level

M.SLH/BERITA SAMPIT - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin.

PALANGKA RAYA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah akan berakhir hari ini, Senin 6 September 2021.

Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Mendagri 36/2021 dan Surat Edaran Wali Kota Palangka Raya Nomor 368/03/SATGASCOVID-19/BPBD/VII/2021 tentang perpanjangan PPKM Level IV.

Terkait dengan perpanjangan PPKM Level IV tersebut, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, saat ini pihaknya belum bisa memutuskan kebijakan lanjutan. Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) pun masih menunggu hasil keputusan dari Pemerintah Pusat.

“PPKM Level IV ini berlanjut atau tidak, belum bisa kita putuskan. Kewenangan tertinggi tetap berada di tangan Pemerintah Pusat. Jika sudah ada kebijakan selanjutnya, maka Pemkot akan siap menjalankan dan mempersiapkan aturan turunannya,” jelas Fairid Naparin, Senin 6 September 2021.

BACA JUGA:   Gubernur Kalteng Minta Angkutan Over Kapasitas Diterbitkan

Lebih lanjut, dia mengatakan, untuk pelaksanaan PPKM sebagai upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 kemungkinan besar akan tetap dijalankan. Akan tetapi, jika ada perubahan maka yang akan terjadi adalah penurunan levelnya.

“Ini masih kemungkinan saja terkait dengan penurunan level PPKM. Pemkot tetap mengacu terhadap arahan dari Pemerintah Pusat untuk kebijakan tersebut. Selain itu evaluasi PPKM level IV yang sudah berjalan juga terus dilakukan untuk melihat tren kasus Covid-19,” tuturnya.

BACA JUGA:   Upaya Penyelundupan Ribuan Burung dari Kotawaringin Barat ke Jawa Digagalkan Karantina Palangka Raya

Pemerintah Pusat memiliki penilaian tersendiri dalam upaya pencegahan dalam pengendalian Pandemi Covid-19, dimana sejumlah wilayah yang masih tinggi sebaran kasus.

“Level ini kan ditetapkan berdasarkan asesmen level situasi pandemi yang merupakan indikator untuk mengetatkan dan melonggarkan upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19. Jika tren kita bagus dan berhasil menurunkan kasus, maka saya yakin level PPKM ini bisa diturunkan,” tutup Fairid. (M.Slh/beritasampit.co.id).