Mahasiwa UPR ‘Terangi’ Jalan Desa Teluk Palinget

Foto Mahasiswa KKN-T UPR bersama Dosen Pembimbing Lapangan di gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) terus menujukan komitmenya membangun Kalteng dengan menyiapkan lulusan UPR yang unggul serta memiliki daya saing yang tinggi dan peka terhadap sosial dan lingkungan. Salah satu bentuk nyatanya melalui aktivitas mahasiswa kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T).

Melalui kegiatan itu diharapkan mahasiswa dan mahasiswa bisa mengenal terjun langsung di masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari, seperti yang dilakukan Kelompok KKN-T Desa Teluk Palinget 1 Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas.

Kegiatan yang dilaksanakan hampir satu bulan ini mulai tanggal 05 Agustus sampai 05 September 2021 itu juga mendapat respon positif pihak desa, menurut Kepala Desa Teluk Palinget Rahwadi menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN-T UPR dan mengucapkan terima kasih atas program kerja yang telah dilaksanakan dan diimplementasikan, diantaranya Program Kerja Unggulan “Desa Bersinar”.

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Mendata Anak Yatim Piatu untuk Diberi Bantuan

”Program Kerja Desa Bersinar merupakan terobosan yang bagus dan dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Desa Teluk Palinget. Sehingga dengan diadakannya penerangan lampu jalan dapat mengurangi tingkat kecelakaan serta mempermudah aktivitas warga di malam hari sampai menjelang subuh ketika hendak pergi ke Masjid untuk melaksanakan sholat subuh,” ucap Rahwadi, melalui rilisnya yang diterima redaksi beritasampit.co.id. Jumat, 17 September 2021.

Foto Desa Teluk Palinget “Sebelum” dan “Sesudah” pemasangan lampu penerangan jalan disetiap handil

Ditempat yang sama dosen pembimbing lapangan, Andi Bustan menyampaikan Desa Teluk Palinget mendapatkan penerangan lampu sebanyak 100 untuk penerangan jalan. Pihaknya berharap dengan upaya ini masyarakat desa bisa lebih nyaman beraktivitas di malam hari.

Hal serupa juga diungkapan perwakilan mahasiwa Akmad Diki Arianto, dirinya merasa senang berinteraksi langsung masyarakat. Kegiatan KKN-T ini juga mengajarkan pihaknya untuk bisa merasakan secara langsung bagiamana kondisi sosial.

BACA JUGA:   Sambut Kedatangan Atlet PON, Wagub Kalteng : Kami Bangga

“Kami ucapkan terimakasih untuk semua pihak yang telah mengajarkan banyak hal selama KKN-T. Bekal pengalaman lapangan ini menjadi saya bisa menghadapi kehidupan sosial setelah selesai kuliah nanti,” singkatnya.

Untuk diketahui Kelompok KKN-T Desa Teluk Palinget 1 melaksanakan beberapa program kerja diantaranya, Sosialisasi Pencegahan dan Penyebaran Covid-19, Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA), Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BumDES), Pendidikan Sekolah Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum, Pengelolaan dan Penggunaan Website Profil Desa, pemasangan plang perangkat desa, dan Desa Bersinar sebagai program kerja unggulan Kelompok Desa Teluk Palinget 1 yaitu pemasangan penerangan lampu jalan disetiap rumah warga.

(Rls/beritasampit.co.id)