Palangka Raya Resmi Berlakukan PPKM Level 3 hingga 4 Oktober

Ketua Harian Satgas COVID-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani.//Ist-ANTARA/Rendhik Andika;

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, resmi memberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 hingga 4 Oktober mendatang.

Ketua Harian Satgas COVID-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, mengatakan, dengan turunnya status PPKM Level 4 menjadi Level 3, sejumlah peraturan tentang pelaksanaan kegiatan masyarakat pun akan disesuaikan kembali.

“Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 44 Tahun 2021 saat ini kita menerapkan PPKM Level 3. Untuk itu kita juga fokus menyusun peraturan wali kota (Perwali) tentang pemberlakukan PPKM Level 3 yang tentunya didasarkan pada Inmendagri Nomor 44 tersebut,” kata Emi Abriyani yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palangka Raya, Selasa 21 September 2021. Demikian dilansir dari Antara.

Masyarakat pun diminta bersabar menunggu diterbitkannya peraturan wali kota tersebut yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan sosial.

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Tingkatkan Daya Saing UMKM Melalui Lomba Inovasi

Warga di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini pun diminta selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar kasus penyebaran COVID-19 semakin dapat diminimalkan.

Inmendagri Nomor 44 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2, Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan COVID-19 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua telah terbit dan ditandatangani oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

BACA JUGA:   Satu Guru Satu Buku, IGI Kalteng Ajak Guru Menulis

Berdasarkan Inmendagri tersebut PPKM level 3 di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Barito Timur.

Selanjutnya wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah yang melaksanakan PPKM Level dua yakni Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Katingan, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Murung Raya.

Artinya di wilayah Provinsi berjuluk “Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila” ini hanya melaksanakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 dan PPKM Level 3.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)