Jembatan Sei Alalak, Kebanggaan Baru Warga Kalimantan Selatan

Jembatan Sei Alalak di Kalsel yang dibuka hari ini langsung ramai diserbu masyarakat untuk melintas pertama kalinya.//Ist-ANTARA/Firman;

BANJARMASIN – Struktur uniknya yang melengkung dan pertama di Indonesia membuat Jembatan Sei Alalak menjadi kebanggaan baru warga Kalimantan Selatan (Kalsel).

Jembatan menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala di Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka untuk uji coba.

“Kami sangat senang ada jembatan baru ini yang sangat bagus dan mewah. Bangga rasanya sebagai warga Kalsel,” ucap Muhammad Arapik, warga yang melintas di Jembatan Sei Alalak pada Minggu 26 September 2021.

Bersama istri dan anaknya, pria yang tinggal di Kabupaten Barito Kuala inipun turut mengabadikan momen pertama melintas di jembatan dengan berfoto seperti juga warga lainnya yang nampak antusias atas hadirnya jembatan ikonik sepanjang 850 meter itu.

BACA JUGA:   BPBD HST Kalsel Kirim Anggota Bantu Penanganan Korban Banjir di Kalteng

Selain bangga rampungnya pembangunan jembatan hingga kini bisa dilintasi, Arapik juga mengaku lega lantaran telah terbebas dari kemacetan yang selama ini harus dirasakan akibat jalur dialihkan ke jalan alternatif.

Dilansir dari Antara, Jembatan Sei Alalak yang sebelumnya bernama Jembatan Kayu Tangi 1 membentang di atas sungai Alalak menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala sekaligus akses utama ke Kalimantan Tengah.

Selama jembatan dibangun hampir tiga tahun, warga terpaksa dialihkan ke jalur alternatif melintasi Jembatan Sei Alalak 2 yang macet setiap hari terutama di jam-jam sibuk.

BACA JUGA:   Pemkot Banjarmasin Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Katingan
Warga berfoto di atas Jembatan Sei Alalak di Kalsel yang dibuka.//Ist-ANTARA/Firman;

Jembatan Sei Alalak yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Kalimantan Selatan Direktorat Jenderal Bina Marga telah rampungnya pembangunan terhitung 24 September 2021.

Presiden Joko Widodo pun memerintahkan jembatan segera dibuka agar memperlancar akses lalu lintas masyarakat guna mendukung pertumbuhan ekonomi mengingat vitalnya infrastruktur penghubung lintas provinsi di pulau Kalimantan.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!