Pemkot Siap Siaga Antisipasi Bencana

M.SLH/BERITA SAMPIT - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin beserta jajarannya saat mengecek kesiapan personel dalam kegiatan kesiapsiagaan antisipasi bencana Hidrometeorologi, di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Daerah merupakan penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana yang dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh pada tahapan pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya menggelar Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Hidrometeorologi di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km 5.5, Senin 8 November 2021.

Dalam sambutannya, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, untuk menjaga kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya bencana dan pengurangan risiko bencana alam merupakan kegiatan untuk mengurangi ancaman dan kerentanan serta meningkatkan kemampuan dalam menghadapi bencana.

Dengan demikian pengenalan dan pemantauan risiko bencana, perencanaan partisipatif penanggulangan bencana, pengembangan budaya sadar bencana, peningkatan komitmen terhadap pelaku penanggulangan bencana alam dan penerapan upaya fisik, non fisik yang merupakan kerangka konseptual dari berbagai elemen yang dianggap dapat mengurangi kerentanan dan risiko bencana dalam suatu komunitas.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-41: Peran Rimbawan dalam Pemanfaatan SDA, Bersatu dalam Merawat Lingkungan

“Untuk mencegah preventif dan mengurangi mitigasi dampak yang tidak diinginkan dari ancaman dalam konteks yang luas, saya berharap peran BPBD Kota dalam pengurangan risiko bencana alam untuk menyebar luaskan pengetahuan dan pengenalan tentang risiko bencana, analisis risiko dan upaya pengelolaan kepada seluruh lapisan masyarakat, salah satunya adalah melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana,” jelas Fairid.

BACA JUGA:   Tidak Semua KKN di Biayai Kampus, Berikut Jenis KKN di IAIN Palangka Raya 2024

Dalam rangka kesiapsiagaan dan antisipasi serta upaya pengurangan risiko bencana alam maupun non alam, maka Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah melaksanakan kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana tahun 2021.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan meningkatkan kemampuan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di kalangan pegiat media dalam hal penanganan saat terjadinya keadaan darurat bencana,” tutup Fairid Naparin.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan Apel tersebut, Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palangka Raya, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah serta personel TNI Polri setempat. (M.Slh/beritasampit.co.id).