Peran Masyarakat Penting Mendukung Upaya Pencegahan Stunting

LULUS/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi I DPRD Murung Raya, Olivia Siswanti, SE.

PURUK CAHU – Untuk melakukan pencegahan potensi terjadinya Stunting ini sebenarnya harus diawali dari bagian terkecil dari masyarakat yaitu keluarga. Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi I DPRD Murung Raya (Mura) Olivia Siswanti, Kamis 2 Desember 2021.

“Keluarga terutama ibu saat mengandung wajib asupan makanannya bernutrisi maksimal atau bergizi tinggi sehingga asupan bagi calon bayi maksimal juga, dan bukan hanya sampai disitu terus dilanjutkan hingga mencapai 1.000 hari pertama kehidupan anak,” ujar Olivia yang juga istri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mura itu.

BACA JUGA:   Dewan Menilai Pertumbuhan Ekonomi Di Murung Raya Terus Meningkat

Menurutnya, jika sejak balita sudah mengalami stunting, maka bisa dipastikan pertumbuhannya akan terus melambat hingga dewasa. karena stunting, adalah kondisi gangguan pertumbuhan yang tidak bisa dikembalikan seperti semula atau permanen.

Maka politisi Golkar itu juga menghimbau peran masyarakat sekitar sangat penting guna mendukung upaya pencegahan stunting ini, contohnya melaporkan ke fasilitas kesehatan terdekat bila disekitar tempat tinggalnya ada indikasi stunting.

BACA JUGA:   Dewan Dorong Putra-Putri Murung Raya Miliki SDM Unggul

“Intinya jika ingin mencegah stunting dalam keluarga, asupan serta status gizi seorang calon ibu harus baik. kemudian disertai dengan memberikan asupan makanan yang berkualitas ketika anak telah lahir,” pungkasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).

(Visited 1 times, 1 visits today)