Polisi Imbau Warga Kobar Hati-hati Modus Penipuan Online

IST/BERITA SAMPIT - Kapolres Kobar, saat on air di Radio Jreng Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – Tindak kejahatan yang menggunakan modus penipuan secara online, baik melalui telepon selular ataupun media sosial, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kerap kali terjadi.

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah, Senin 13 Desember 2021, saat on air di Radio Jreng Pangkalan Bun mengatakan perkembangan ilmu teknologi informasi tentunya sangat baik dan mendukung kehidupan  sehari-hari.

Namun juga ada dampak negatif dari perkembangan teknologi. Sebagai contoh,  maraknya kejadian penipuan baik itu melalui telepon selular, dan media sosial.

Ia mengimbau kepada masyarakat Kobar untuk selalu berhati-hati dan  tidak mudah percaya begitu saja dengan informasi ataupun pesan yang didapat dari telepon seluler dan media sosial agar tidak menjadi korban penipuan yang berkedok undian ataupun hal lainnya.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Beras kepada Warga Kobar

“Terkait tindak pidana penipuan online ini, sudah banyak laporan dari masyarakat yang kami terima, banyak macamnya mulai dari kebutuhan sehari – hari samapai dengan barang elektronik serta kendaraan roda dua maupun roda empat,” kata Kapolres.

Oleh karena itu, lanjut dia, jangan pernah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh pelaku dibawah standar harga pasaran barang normal, serta belilah barang – barang seperti halnya kendaraan ke dealer – dealer resmi maupun dealer penjualan motor second.

“Apabila masyarakat hendak melakukan pengecekan terkait indentitas kendaraan bermotor, dapat langsung menghubungi Satlantas Polres Kobar guna memastikan kendaraan yang anda beli bukan dari hasil kejahatan seperti pencurian, penggelapan dan lain sebagainya,” imbau Kapolres.

BACA JUGA:   TP PKK Kobar Bagikan Ratusan Bungkus Takjil  kepada Warga

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Polres Kobar ini juga mengimbau kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin baik dosis 1 maupun 2 agar segera melaksanakan vaksinasi di pusat layanan atau gerai vaksin terdekat.

“Untuk Polres Kobar sendiri ada gerai vaksin presisi, letaknya tepat bersebelahan dengan TK Bhayangkari, dan kami buka setiap hari. Jadi bagi masyarakat yang belum vaksin, ayo vaksin guna mewujudkan heard imunity,”tutup Kapolres.

(man/beritasampit.co.id).