Kepala Dinas Pendidikan Dorong 13 Kecamatan di Kotim Buka TK Negeri

DAMPINGI BUPATI : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Kepala Disdik Kotim saat mendampingi Bupati Kotim memantau pelaksanaan vaksinasi tingkat pelajar di Kota Sampit.

SAMPIT – Persaingan dunia pendidikan di jenjang Taman kanak-kanak (TK) diera digitalisasi saat ini cukup ketat. Bahkan, jumlah sekolah yang berstatus swasta di bawah yayasan mendominasi dikarenakan sekolah negeri sangat sedikit.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Suparmadi mengatakan, jumlah TK swasta saat ini sangat banyak dibandingkan TK berstatus negeri.

“TK swasta di bawah naungan yayasan yang tersebar di Kotim ini mencapai 99 persen. Ini artinya, perlu juga kita perkuat dengan membangun TK negeri ditiap kecamatan,” ucapnya, Selasa 22 Desember 2021.

BACA JUGA:   Ini Identitas Pemilik Bangunan yang Terbakar Malam Jumat di Sampit

Untuk itu, dinas pendidikan telah membuka jalan bahkan telah menyosialisasikan dan mendorong pihak kecamatan agar secepatnya membuka TK negeri.

“Berdasarkan data dari Pembinaan PAUD dan PNF Disdik Kotim, hanya ada 4 TK di 4 kecamatan berstatus negeri, sedangkan Kotim ini terdiri dari 17 kecamatan,” ujar Suparmadi yang menjuga menjabat Ketua Pengurus Kabupaten PGRI Kotim ini.

BACA JUGA:   Begal Bersajam Ternyata Residivis, Ini Sederet Kasusnya

Dia menambahkan, sudah saatnya tiap kecamatan membuka TK negeri agar lulusan sarjana TK/PAUD bisa tertampung dengan baik guna mendapatkan insentif yang lebih layak.

“Saya yakin, tiap kecamatan akan berlomba-lomba membuka TK negeri karena prosedur dan persyaratan dipermudah karena milik daerah. Yang penting legalitas lahan tidak bermasalah,” pungkasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)