Vaksinasi Penguat Mulai Digencarkan Dinkes Palangka Raya

Seorang juralis mengikuti vaksinasi penguat di Palangka Raya, Kamis 20 Januari 2022. (ANTARA/handout-Dokumentasi Pribadi)

PALANGKA RAYA – Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai menggencarkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau penguat.

Kepala Dinas Kesehatan Palangka Raya Andjar Hari Puromo mengatakan, sasaran vaksinasi dosis ketiga diberikan berdasarkan nomor tiket vaksinasi penguat yang terdapat pada aplikasi PeduliLindungi. Jika di aplikasi, yang akunnya dimiliki masing-masing masyarakat sudah ada tiket vaksin ketiga, maka yang bersangkutan dapat diberikan vaksin booster.

“Kalau ditanya target, dasar kita adalah masyarakat yang telah menyelesaikan vaksinasi dosis kedua. Ketentuannya, jangka waktu suntikan ‘booster’ (penguat) berjarak enam bulan usai suntikan vaksin dosis kedua,” kata Kadiskes Palangka Raya, dikutip dari Antara, Kamis 20 Januari 2022.

Vaksinasi penguat yang dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya telah menyasar sejumlah pihak seperti aparatur sipil negara, pegawai pemerintah, anggota dewan, dan jurnalis.

BACA JUGA:   Komite MAN Palangka Raya Serahkan Bantuan Bis Sekolah

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, hingga Rabu (19/1), sebanyak 248.954 warga atau 111,43 persen dari 223.417 target vaksinasi COVID-19 telah telah disuntik dosis pertama.

Untuk vaksinasi COVID-19 di wilayah ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, pada dosis kedua telah tercapai 86,94 persen atau sebanyak 194.295 orang.

Dalam rangka mempercepat vaksinasi COVID-19, pemkot bersama sejumlah pihak lain menggencarkan vaksinasi, baik yang dilakukan pusat layanan kesehatan maupun pihak lain.

Data Satgas COVID-19 Kota Palangka Raya menunjukkan sebanyak 223.417 target vaksinasi tersebut terbagi menjadi lima kategori, yakni SDM kesehatan dengan target 3.512 sasaran, lansia 14.287 sasaran, pelayanan publik 21.920 sasaran, masyarakat umum 154.647 sasaran, dan remaja sebanyak 29.051 sasaran. Pemerintah Kota Palangka Raya juga memperluas sasaran vaksinasi yakni pada anak usia 6-11 tahun.

BACA JUGA:   Lima Parpol di Palangka Raya Terima Bantuan Keuangan

Dia mengajak masyarakat setempat selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19, sehingga meminimalkan potensi dan mencegah penyebaran virus corona.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan sosialisasi, deteksi dini, pengamanan. hingga penanganan kasus.

Berdasarkan data terakhir dari Satgas Penanganan COVID-19 “Kota Cantik”, tercatat tingkat kesembuhan pasien positif COVID-19 di daerah setempat mencapai 96,03 persen.

Jumlah warga yang sembuh itu berada di angka 12.611 orang dari total 13.132 warga Palangka Raya yang positif COVID-19. Dari seluruh kasus positif, juga tercatat 520 orang meninggal dunia.

Hingga saat ini warga Palangka Raya yang dinyatakan positif COVID-19 tinggal satu orang. Jumlah itu menempati angka 0,01 persen dari total pasien positif.

(Antara/BS65)