Bupati Kobar Panen Padi Bersama di Desa Palih Baru Kecamatan Kotawaringin Lama

Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah saat  Panen Padi Bersama di Desa Palih Baru Kecamatan Kotawaringin Lama

PANGKALAN BUN – Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah ditengah kesibukannya, Rabu, 2 Februati 2022  menyempatkan diri menghadiri syukuran dan panen padi bersama di desa Palih Baru Kecamatan Kotawaringin Lama, dimana untuk wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama, hanya Desa Palih Baru yang mengembangkan tanaman padi.

Kepala Dinas Taman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat Kris Budi Astuti mengatakan, antusias masyarakat untuk mengembangkan sektor pertanian sangat besar, sehingga pihaknya pun sangat mendukung, dengan menyediakan sarana dan prasarana sektor pertanian.

“Kami sangat bangga, di Kecamatan Kotawaringin Lama hanya desa Palih Baru yang mengembangkan tanaman padi, ada lahan yang tersedia seluas 24,5 hektar yang siap di panen seluas 18 hektar, dengan jenis tanaman padi Sentani dan infari 32, kedua varian ini merupakan unggulan Nasional, ” ujarnya.

Saat ini, lanjut Kris Budi Astuti, karena masih terkendala dengan sistem pengairan, sehingga desa Palih Baru baru bisa satu kali panen dalam setahun, sementara masyarakat begitu semangat inginnya 3 kali panen.

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

“Untuk satu hektare akan menghasilkan padi sebesar 4 ton, kami akan memperjuangkan agar kedepannya masa panennya bisa 3 kali panen, karena masih terkendala dengan sistem pengairan, meski di sini juga telah di bangun embung namun belum maksimal penggunaannya, hal ini yang akan kami perjuangkan ke pusat,” katanya.

Sebab menurutnya, perhatian kementerian pertanian begitu besar dalam pengembangan sektor pertanian di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, hal itu terbukti dengan banyaknya kegiatan pembangunan yang di danai dari APBN.

Sementara itu, Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani, yang hingga saat ini masih mempertahankan lahannya untuk memperkuat ketahanan pangan.

BACA JUGA:   Ini Giat Safari Ramadan 1445 H Kapolda Kalteng ke Kotawaringin Barat

“Sektor pertanian dalam arti luas merupakan sektor prioritas utama dalam pembangunan di masa Kepemimpinan Pasangan Nurani (Nurhidayah- Ahmadi Riansyah), tanpa terasa saya bersama Ahmadi Riansyah sebentar lagi akan berakhir menahkodai Kabupaten Kotawaringin Barat ini, namun demikian dalam seusai dengan Rencana Pembangunan Daerah, demi kesinambungan maka sektor pertanian ini akan tetap menjadi skala prioritas, ” ujar Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Bupati juga menambahkan, apa yang telah di ampaikan kepala desa Palih Baru, untuk menunjang sektor pertanian, seperti pembangunan siring dan akses jalan akan di realisasikan pada tahun 2023 mendatang.

Dalam kegiatan panen tersebut, juga dihadiri Sekda Kobar Suyanto, Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol Arh Drajad Tri Putro, Anggota DPRD Kobar Dapil II Rizky Aditya Putra, serta Camat Kotawaringin Lama Nahwani.

(man/beritasampit.co.id)