Warga Kotim Diminta Ikut Cegah Melonjaknya Kasus Covid-19

Bupati Halikinnor didampingi Wakil Bupati Irawati dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Fajrurrahman saat wawancara wartawan, Rabu 2 Februari 2022. ANTARA/Norjani

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan turut berupaya mencegah lonjakan kasus Covid-19 termasuk varian baru lainnya.

Hal ini disampaikan Halikinnor menyikapi kembali ditemukannya kasus Covid-19. Pekan lalu RSUD dr Murjani Sampit menemukan delapan kasus positif Covid-19 dari pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction).

Dari jumlah tersebut, tujuh orang merupakan warga Kotim, sedangkan satu orang lainnya adalah warga Kabupaten Seruyan. Saat ini kasus itu dievaluasi karena ada kecurigaan diantaranya merupakan varian baru yaitu Omicron.

“Saya mengimbau dan mengingatkan kembali kita semua menaati protokol kesehatan. Jangan abai, jangan lengah dan jangan kendur. Saat ini banyak kegiatan yang mengumpulkan orang banyak. Harus tetap melaksanakan protokol kesehatan,” kata Halikinnor dikutip dari Antara, Kamis 3 Februari 2022.

BACA JUGA:   Empat Orang Alami Luka Dalam Laka Lantas di Kota Besi

Halikinnor menyebutkan mereka yang diketahui positif Covid-19 itu rata-rata orang yang melakukan perjalanan keluar daerah. Sebagian di antaranya diketahui akan ke perkebunan kelapa sawit.

Semua penderita tersebut menjalani isolasi mandiri karena umumnya tanpa gejala. Namun pemeriksaan lebih lanjut dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya penderita yang terpapar Omicron.

“Mudah-mudahan tidak terjadi kenaikan signifikan. Waspadai karena kalau Omicron penularannya sangat cepat. Tapi tingkat vaksinasi kita tinggi maka mudah-mudahan itu seperti flu biasa saja lagi,” harap Halikinnor.

BACA JUGA:   Sejumlah Kasus Penjarahan Sawit Perkebunan di Kotim Dilaporkan ke Polisi

Dia meminta semua kegiatan, termasuk tempat usaha di daerah ini menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Munculnya kembali kasus ini harus menjadi perhatian serius semua pihak.

Halikinnor mengimbau masyarakat mengikuti vaksinasi untuk mencegah penularan Covid-19. Saat ini vaksinasi menyasar anak-anak serta vaksinasi booster untuk orang dewasa. Upaya ini diharapkan dalam membentuk kekebalan kelompok sehingga mata rantai penularan virus mematikan tersebut bisa diputus.

(Antara/BS65)