BPD Desa Lere Gelar Musyawarah Pembentukan Panitia Pelaksana Pilkades Serentak

Camat Parado, Hamzah, S.sos dan Pemerintah Desa Lera saat Foto Bersama Usai Pelantikan Panitia Pelaksana Pilkades Desa Lere, di aula Kantor Desa Lere

BIMA – Sesuai Perda Nomor 5 tahun 2018 dan Perbup Nomor 52 Tahun 2021 tentang tata cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, dalam rangka mempersiapkan Pimilihan Kepala Desa serentak se Kabupaten Bima, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lere Kecamatan Parado, menggelar Musyawarah Pembentukan Panitia Pilkades untuk periode 2022-2028, Sabtu 05 Februari 2022

Kegiatan yang dilaksnakan di aula kantor Desa Lere ini turut dihadiri Babinsa dan Bhabinkantibmas Desa Lere, Tokoh Mayarakat, Tokoh Pemuda serta Masyarakat setempat.

Ketua BPD Desa Lere, Nasarudin menguraikan, panitia pilkades terdiri dari unsur lembaga pemdes, tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda orang, serta dari perwakilan Gender

“Pelaksanaan Musyawarah Pembentukan Panitia telah berjalan aman, tertib dan lancar sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Nasarudin, Sabtu 5 Februari 2022.

Adapun dari susunan kepanitiaan Pilakades Desa lere tahun 2022 adalah Rahmad Hidayat, selaku Ketua, Lutfin Da’amin (Wakil Ketua ), Salahudin H.M. Saleh (Sekretaris ), Dedi Firmansyah (Anggota ), Haerudin (Anggota ) dan Sunarti (Anggota )

Kepala Desa Lere, Zufrin, S.Pd.i, mengungkapkan, bahwa pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada BPD dan seluruh anggotanya yang telah mengadakan acara Musyawarah Pembentukan Panitia Pelaksana Pilkades Desa Lere.

Menurut dia, dalam posisi pelaksanaanya, bahwa yang bisa masuk menjadi panitia sudah jelas kriterianya,

“Panitia yang sudah terbentuk, belajarlah dari pengalaman pada  tahun sebelumnya, karna ada beberapa panitia yang tidak netral, sehingga saya berharapa pada Pilkades kali ini, tunjukan netralitas, meskipun dalam hati sudah ada ikrarnya, tapi kita sudah di beri kesempatan dan utamakan tanggung jawab, ” ungkap Zufrin

“Ketika panitia netral dan jujur, yakin dan percaya Pilkades tahun ini akan berjalan damai.
Untuk itu jangan hanya sekedar menumpang nama, harus menunjukan kinerja dengan baik,  semua panitia satu sama lain harus saling membantu dan saling mengisi,” imbuhnya.

Bagi bakal calon, Ia juga mempersilahkan mempersiapkan diri agar dapat menghubungi panitia terkait syarat-syarat bakal calon kepala desa.

Sementara itu, Camat Parado, Hamzah, S.sos dalam sambutannya berharap kepada panitia yang sudah terbentuk, agar dapat menjaga sikap, utamakan saling koordinasi dan jangan bosan untuk bangun koordisanasi dengan semua pihak

“Panitia Pelaksana Pilkades Desa Lere agar bisa bekerja dengan sebaiknya, kedepankan integritas. Karena Pilkades biasanya  rentan dengan permasalahan-permasalahan sosial,” katanya.

Atas Nama Pemerintah Kecamatan Parado, Hamzah juga mengajak untuk menjaga Kamtibmas, tetap menjaga kebersamaan agar tidak menimbulkan hal-hal  yang tidak diinginkan, sebab ini merupakan arahan dan catatan penting dalam pesta demokrasi.

Kaitan dengan Anggaraan, Hamzah mengingatkanini merupakan tantangan, bahwa anggaran Pilkades dibebankan pada ADD.

“Kisaran sekitar 40 sekian juta, kami yakin anggran itu belum tercukupi, jadi mau tidak mau, diharapkan pada Panitia se-efisien mungkin dalam penggunaan anggaran, dimohon untuk bisa seirit mungkin.” harapnya.

(Nain/beritasampit.co.id)