Gubernur Kalteng Perkuat Upaya Menekan Perkembangan Kasus Covid-19

HARDI/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran menyampaikan beberapa hal penting yang perlu mendapat perhatian khususnya dalam menekan dan penanganan serta pencegahan Covid-19 varian Omicron.

Hal itu disampaikan dalam rapat yang membahas perkembangan, upaya penanganan serta pencegahan kasus Covid-19. Yakni perkuat koordinasi, monitoring dan pengendalian Covid-19 di daerah, meningkatkan testing dan tracing,

“Deteksi Covid-19 bagi pelaku perjalanan dari luar Kalimantan Tengah harus diperketat melalui tes acak dengan melibatkan segenap unsur termasuk TNI/Polri,” katanya dalam rapat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin 7 Februari 2022.

BACA JUGA:   Upaya Penanggulangan Bencana BPBPK Ikuti Rapat BNPB

“Meningkatkan vaksinasi primer, vaksinasi lansia, anak dan percepatan booster disertai dukungan anggaran yang memadai,” sambungnya.

Kata Sugianto, yang perlu dipastikan, kesiapan rumah sakit rujukan dan fasilitas kesehatan lainnya, ketersediaan tenaga, obat-obatan dan alat kesehatan, kembali menyiapkan tempat isolasi terpusat, memastikan kepatuhan penerapan protokol kesehatan dan penegakan sanksi atas pelanggaran protokol.

BACA JUGA:   Sepasang Kekasih Dijatuhi Hukuman atas Kecurangan Pemilu 2024

“Optimalisasi pemanfaatan PeduliLindungi, menyampaikan pada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik dengan adanya lonjakan, pasien Covid-19 yang perlu dirawat di rumah sakit hanya yang memiliki komorbid dan saturasi oksigen di bawah 95 persen,” lanjutnya.

Terakhir, Dia mengimbau, pasien yang tidak memenuhi kriteria agar menjalani isolasi mandiri/isolasi terpusat. (Hardi/beritasampit.co.id).