Satgas Akui Kasus Penyebaran Covid-19 di Kapuas Mulai Mengalami Peningkatan

Petugas melakukan pemeriksaan sejumlah pengendara masuk wilayah perbatasan antara Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, di Kabupaten Kapuas, Minggu 07 Februari 2022. ANTARA/ All Ikhwan

KUALA KAPUAS – Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga menyatakan bahwa tingkat kasus penyebaran Covid-19 di wilayah setempat, mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan sepekan terakhir.

Dikatakan, bahwa saat ini jumlah kasus orang terpapar Covid-19 di wilayah ini berjumlah 39 orang yang di antaranya tiga sedang dirawat di rumah sakit dan 36 lainnya menjalani isolasi mandiri

“Kami imbau kepada masyarakat bahwa saat ini kondisi pandemi Covid-19 sangat tinggi. Jadi, diharapkan seluruh masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” kata Panahatan dikutip dari Antara, Senin 7 Februari 2022.

Terkait meningkatnya penyebaran kasus di kabupaten setempat, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi di antaranya, melakukan penyekatan atau pengetatan arus perjalanan masuk orang di perbatasan antara Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Kami sudah mulai berlakukan sejak Minggu 6 Februari  sampai 19 Februari 2022. Jadi pertama penyekatan dilakukan selama dua minggu atau empat belas hari ke depan. ini harus dilakukan, sebagai upaya mengantisipasi sekaligus menekan penyebaran Covid-19,” beber dia.

Pos penyekatan yang berada di Kilometer 12,5 Anjir Serapat Kapuas Timur, tepatnya di jembatan timbang, Kecamatan Kapuas Timur, akan memberlakukan arus perjalanan orang masuk wilayah Kabupaten Kapuas, di antaranya menjaring orang yang masuk berisiko bergejala COVID-19, melakukan pengecekan kartu vaksin Covid-19 baik dosis satu maupun dua.

Apa bila belum menerima baik dosis pertama maupun kedua, petugas akan mengarahkan kepada orang yang bersangkutan untuk melakukan vaksinasi ditempat yang sudah disediakan petugas. Di pos penyekatan yang ada, juga akan melakukan tes swab antigen bagi orang yang masuk berisiko Covid-19.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Inilah langkah-langkah antisipasi kita lakukan di wilayah perbatasan,” jelasnya.

Selanjutnya untuk di dalam Kota Kuala Kapuas sendiri, pihaknya akan meningkatkan yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, dan ini dilakukan setiap harinya.

“Melihat tren kasus yang sangat naik pada satu minggu terakhir ini, sekali lagi kami mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kapuas, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak, sering cuci tangan, dan kalau tidak perlu dan tidak mendesak lebih baik tinggal di rumah saja,” demikian Panahatan Sinaga.

(Antara/BS65)