Awalnya Susah, Begini Cara Camat Kota Besi Kumpulkan Seluruh Kepala Desa

KOMPAK : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Camat Kota Besi bersama sembilan kepala desa berfoto bersama usai mengadakan kegiatan di Balai Desa Rasau Tumbuh, Kecamatan Kota Besi, Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Sejak resmi menjabat definitif sebagai Camat Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Gusti Mukafi, ternyata sudah ada kepala desa yang menguji kemampuannya bagaimana caranya mampu mengumpulkan 9 kepala desa rutin setiap bulan.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Kandan Agus Prawito pada saat Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Kepala Desa Sekecamatan Kota Besi tahun 2022 yang digelar perdana di Desa Rasau Tumbuh.

Melalui kegiatan itu, Agus menyampaikan bahwa sangat jarang seluruh kepala desa se kecamatan Kota Besi bisa kumpul bersama apalagi rutin setiap bulan.

“Sangat jarang sembilan kepala desa bisa kumpul semua, walaupun setiap ada agenda kegiatan di tingkat kecamatan,” ujarnya pada saat menyampaikan progres Desa Kandan kedepannya di Balai Desa Rasau Tumbuh, Selasa 15 Februari 2022.

BACA JUGA:   Periode Kedua Halikinnor, Pemuda Cempaga ini Lebih Mendorong Berpasangan dengan Fajrurrahman

Agus menambahkan, setiap ada momentum di kecamatan seluruh kepala desa yang diundang ada saja yang tidak hadir atau hanya diwakilkan, sehingga dinilai terlihat kurang kompak.

Sementara itu, Camat Kota Besi Gusti Mukafi menuturkan, Rapat Koordinasi (Rakor) Camat dan Kepala Desa se Kecamatan Kota Besi merupakan program baru yang dilaksanakan tahun ini.

Melalui program inilah, kata camat, sebagai salah satu ajang silaturahmi bagi kepala desa agar bisa kumpul semua.

Sebab, lanjutnya, tujuan rakor tersebut untuk membahas dan menyepakati apa saja menjadi kendala dan keluhan yang dihadapi kepala desa selama memimpin di desanya masing-masing.

BACA JUGA:   Tidak Hanya Dari Elit Politik, PKS Sebut Sejumlah Nama Birokrat Berpeluang Maju di Pilkada Kotim

“Tujuan utama rakor adalah sebagai ajang silaturahmi dengan seluruh kepala desa. Di rakor ini juga, akan muncul ide-ide cemerlang terutama yang berkaitan dengan pemerintahan desa,” kata Mukafi.

Kepala Desa Rasau Tumbuh Syamsudin mengucapkan terima kasih kepada pihak kecamatan karena desanya dijadikan sebagai tempat pertama diadakannya rakor camat dan kepala desa sekecamatan Kota Besi.

“Ini suatu kehormatan bagi desa kami, program pertama diluncurkan dipusatkan di Desa Rasau Tumbuh sebagai ajang silaturahmi antara camat dan seluruh kepala desa,” ujarnya.

(ifin/beritasampit.co.id)