Menjelang HUT Polda Kalteng ke-27, Kapolda Kalteng Lakukan Tradisi Wajib

IST/BERITA SAMPIT - Kapolda Kalteng Irjen Pol. Nanang Avianto saat melakukan pencucian Pataka Manunggal Dharma Karya Jaya.

PALANGKA RAYA – Pencucian Pataka Manunggal Dharma Karya Jaya menjadi ritual penting menjelang hari ulang tahun (HUT) Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) yang akan dilaksanakan besok pada tanggal 22 Maret 2022.

Prosesi pencucian Pataka tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Nanang Avianto, di Mapolda Kalteng di Jalan Tjilik Riwut Km 1 Kota Palangka Raya, Senin 21 Maret 2022.

Dalam kesempatan itu, Nanang Avianto mengatakan, upacara pencucian Pataka ini adalah suatu tradisi wajib dalam rangka memperingati HUT Polda Kalteng dan juga sebagai simbol untuk mensucikan atau pembersihan diri.

BACA JUGA:   GMKI Cabang Palangka Raya Akan Menjadi Inisiator Aksi Terkait Beasiswa TABE dan Siap Kumpulkan 13.113 Mahasiswa Penerima Beasiswa

“Selain itu, nilai-nilai yang terkandung dalam Pataka Manunggal Dharma Karya Jaya ini juga sebagai pedoman bagi setiap insan Polri agar tetap memegang teguh kebenaran sebagai pelindung, pengayom, pelayan dan penegak hukum,” jelasnya.

Kata Nanang, pencucian Pataka ini juga mengingatkan kepada setiap anggota Polri, bahwa tujuan bekerja untuk mengabdi kepada bangsa dan masyarakat, sehingga harus menjaga marwah Polri dengan baik demi terwujudnya sosok Polri yang Presisi.

BACA JUGA:   Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Kalteng Malang Raya Dikukuhkan

Sebagai informasi, acara pencucian Pataka digelar dengan menerapkan prokes yang ketat, dan ditutup dengan menyanyikan lagu Hymne Polri secara bersama-bersama untuk menguatkan kecintaan kepada institusi Polri. (Hardi/beritasampit.co.id).