Lapas Sampit Peduli Kemanusian, Bantu Pasok Darah PMI Kotim

Keluarga besar Lapas Kelas II B Sampit mendonorkan darah di Sekretariat PMI Kotawaringin Timur, Kamis (24/3/2022). ANTARA/HO-Lapas Sampit

SAMPIT – Keluarga besar Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah melakukan donor darah untuk membantu memasok darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

“Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kepedulian seluruh jajaran petugas pemasyarakatan tak terkecuali Pegawai Lapas Sampit kepada masyarakat,” kata Kepala Lapas Kelas II B Sampit Agung Supriyanto dikutip dari Antara, Jumat 25 Maret 2022.

Puluhan pendonor darah yang datang menyumbangkan darahnya ke Sekretariat PMI Kotawaringin Timur tersebut terdiri dari pegawai Lapas Kelas II B Sampit serta anggota Persatuan Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit.

Agung mengatakan, donor darah kali ini memang dilaksanakan secara serentak seluruh petugas Pemasyarakatan beserta anggota Pipas se-Indonesia, termasuk oleh keluarga besar Lapas Kelas II B Sampit.

BACA JUGA:   Truk vs Truk Apa Jadinya, Begini Kondisi Sopirnya

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan perintah Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 tahun 2022.

Menurut Agung, masih terdapat beberapa kegiatan kepedulian kepada masyarakat lainnya yang telah tersusun dalam rangkaian momen ini. Namun dia menegaskan, kegiatan donor darah akan menjadi kegiatan rutin bagi pihaknya untuk membantu memasok kebutuhan darah untuk masyarakat melalui PMI.

Komitmen ini diharapkan bisa sedikit membantu mengatasi kekurangan darah yang sering dialami PMI Kotawaringin Timur. Berdasarkan ketentuan, setiap pendonor bisa mendonorkan darahnya setiap tiga bulan jika kondisi mereka dinilai memenuhi syarat.

“Kegiatan donor darah ini akan rutin dilakukan oleh jajaran petugas Lapas Sampit beserta ibu-ibu Pipas dalam waktu-waktu mendatang mengikuti ketentuan yang berlaku di PMI,” ujar Agung.

BACA JUGA:   Gerakan Pangan Murah, Sediakan Harga Terjangkau untuk Masyarakat

Sementara itu Ketua Pipas Lapas Sampit, Sri Agung menyampaikan bahwa ibu-ibu Pipas selaku istri dari petugas Pemasyarakatan juga tidak mau ketinggalan dalam berperan menyukseskan berbagai rangkaian kegiatan HBP ke-58 ini.

“Semoga apa yang kami bersama lakukan bermanfaat bagi masyarakat,” harap Sri Agung.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kotawaringin Timur, dr Yuendri Irawanto menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Lapas Sampit beserta anggota Pipas Lapas Sampit yang telah mendonorkan darahnya kepada masyarakat melalui PMI Kotawaringin Timur.

“Pastinya hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan karena Setetes darah anda, nyawa bagi sesama,” ujarnya.

(Antara/BS65)