Liga Inggris: West Ham Menang Atas Everton 2-1

Pemain West Ham United Aaron Cresswell merayakan gol bersama satu tim Said Benrahma dalam pertandingan Liga Inggris melawan Everton di Stadion London, London Inggris, 3 April 2022. (Action Images via Reuters/PETER CZIBORRA)

JAKARTA – West Ham United menaikkan harapannya lolos ke turnamen Eropa ketika tendangan bebas brilian bek Aaron Cresswell dan gol babak kedua pemain depan Jarrod Bowen memastikan kemenangan 2-1 atas 10 pemain Everton dalam pertandingan Liga Inggris di Stadion London, Minggu 3 April 2022 malam.

Kemenangan ini membuat West Ham naik tiga tingkat ke urutan kelima dengan 51 poin dari 31 pertandingan atau tiga poin di belakang rival sekota Arsenal yang berada pada urutan keempat setelah memainkan tiga pertandingan lebih banyak. Sebaliknya Everton tetap pada urutan ke-17 atau tiga poin di atas zona degradasi.

Bowen mencetak gol kemenangan pada menit ke-58 setelah tendangan Michail Antonio diselamatkan kiper, tetapi Everton yang terancam degradasi pantas menyalahkan Alex Iwobi yang memberikan bola kepada tim asuhan David Moyes sebelum gol ini terjadi.

Gol ini menandai kembalinya Bowen dari cedera tumit kanan yang membuatnya absen dalam empat pertandingan terakhir. Pemain berusia 25 tahun yang telah mencetak sembilan gol dan memberikan delapan assist musim ini tersebut senang.

“Itulah yang Anda inginkan ketika Anda bermain. Sudah empat pekan. Waktunya menyebalkan tetapi untuk masuk kembali starting eleven dan mendapatkan tiga poin, saya rasa Anda tak bisa meminta lebih,” kata Bowen kepada Sky Sports.

Sebelumnya, Cresswell menambahkan kesengsaraan kepada rival sesama klub Merseyside pada menit ke-32 ketika melepaskan tendangan melengkung ke sudut kanan untuk mengubah kedudukan 1-0 setelah Bowen melakukan pelanggaran dari Mason Holgate pada posisi yang menjanjikan.

“Sungguh perasaan yang luar biasa bisa melakukannya,” kata Cresswell kepada BBC seperti dikutip Reuters.

“Kami berlatih tendangan bebas sebelum bertanding. Anda bisa berlatih semua yang Anda inginkan, tetapi itulah yang terjadi di luar sana.”

Holgate yang dimasukkan pada saat-saat terakhir oleh Everton setelah Donny van de Beek cedera selama pemanasan, mengubah kedudukan menjadi 1-1 setelah turun minum dengan gol liga pertamanya musim ini meskipun tembakannya membelok jauh melewati jangkauan kiper Lukasz Fabianski.

Everton kehilangan satu pemain untuk pertandingan liga ketiga berturut-turut ketika kapten Michael Keane mendapatkan kartu kuning kedua akibat melakukan tekel keras terhadap Antonio. Hal ini membuat tim asuhan Frank Lampard itu menghadapi tugas lebih berat selama lebih dari 25 menit.

West Ham kini bisa menatap pertandingan leg pertama perempat final Liga Europa pada Kamis di kandang melawan Olympique Lyonnais, sementara Everton melawan Burnley pada Rabu dalam rangka mencari hanya kemenangan tandang keduanya musim ini.

“Penampilan hari ini jauh lebih baik daripada yang sudah kami lakukan, tetapi pada akhirnya itu tidak sama menghasilkan tiga poin,” kata Holgate.

Burnley yang berperingkat kedua terbawah berada empat poin di belakang Everton yang mengumpulkan 25 poin, dan satu poin dari Watford yang telah memainkan 30. Norwich City mengoleksi 18 poin dari 30 laga.

ANTARA