PT SSM bersama KNPI Kotim Latih Pemuda Budi Daya Kelapa Sawit

Peserta pelatihan budi daya kelapa sawit di Kecamatan Telawang berfoto bersama usai kegiatan yang digelar PT Sukajadi Sawit Mekar bekerja sama dengan DPD KNPI Kotawaringin Timur, Jumat (8/4/2022). ANTARA/HO-PT SSM

SAMPIT – Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Sukajadi Sawit Mekar (SSM), bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar pelatihan budi daya kelapa sawit untuk pemuda atau kaum milenial di Kecamatan Telawang.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena menjadi bekal bagi pemuda untuk memanfaatkan potensi besar di daerah ini, yaitu berkebun kelapa sawit. Dengan pengetahuan yang didapat ini, kita bisa memanfaatkan lahan tidak produktif menjadi produktif dan menghasilkan pendapatan untuk menunjang peningkatan kesejahteraan,” kata Ketua DPD KNPI Kotim Endra Rosana di Telawang, Sabtu 9 April 2022.

Pelatihan diikuti 30 pemuda dan petani sawit anggota KNPI Kotim di Kecamatan Telawang. Selain itu ada pula peserta yang merupakan pengurus kebun kas desa binaan PT SSM.

Acara diawali pelantikan pengurus KNPI Kecamatan Telawang, dilanjutkan pelatihan budi daya kepala sawit kepada petani sawit. Turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain pejabat Dinas Pertanian Kotawaringin Timur, Camat Telawang Siagano serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Telawang. Sebanyak dua narasumber dihadirkan dari PT SSM yang berpengalaman dalam budi daya kelapa sawit.

BACA JUGA:   BMKG Prakirakan Kotim Memasuki Masa Transisi Musim Hujan ke Kemarau April 2024

Acara ini juga didukung Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dengan membagikan buku berjudul “Fakta & Mitos Kelapa Sawit”. Buku yang disusun para pakar lintas keilmuan ini bermanfaat membuka wawasan pembaca terkait dengan sektor perkebunan kelapa sawit.

KNPI Kotim mengapresiasi PT SSM yang memfasilitasi pelatihan dirangkai pelantikan DPK KNPI Kecamatan Telawang.

Endra menyebut PT SSM yang anak perusahaan Musim Mas Group itu, perusahaan besar swasta yang peduli masyarakat.

Untuk itu, pihaknya mengapresiasi cara bersinergi dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak.

“Kami berharap perusahaan yang lain di tiap kecamatan mengikuti apa yg telah dilakukan oleh PT SSM dalam rangka sinergi program, khususnya kepemudaan karena KNPI adalah organisasi yang semi pemerintah sehingga selalu berkoordinasi dengan pemerintah terkait kegiatan yang dilakukan,” ujar dia.

Camat Telawang Siagano mendukung pelantikan pengurus KNPI Kecamatan Telawang serta pelatihan budi daya kelapa sawit tersebut karena bermanfaat untuk masyarakat setempat.

BACA JUGA:   BPK RI dan Polda Kalteng Investigasi Internal ke Gedung Expo Sampit

“Kami sangat mendukung ini karena prioritas pembangunan di tiap desa terbuka untuk siapapun elemen masyarakat. Kami mendukung pemuda untuk memanfaatkan potensi ini dan meningkatkan peran,” katanya.

Senior Manager Musim Mas Group Wilayah Kalimantan Tengah Teuku Kanna mengatakan pelatihan ini upaya perusahaan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan lahan untuk budi daya kelapa sawit.

Ia menyebut potensi kelapa sawit yang besar, apalagi saat ini harganya cukup bagus.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap masyarakat mempunyai bekal untuk memulai budi daya kelapa sawit. Kami siap mendukung dan bermitra dengan masyarakat,” katanya.

Ia mengapresiasi antusiasme pemuda dalam pelatihan ini dengan harapan akan banyak pemuda tertarik membudidayakan kelapa sawit dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk mendapatkan penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan.

Melalui berbagai program tanggung jawab sosial, PT SSM berupaya terus membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan daerah.

(ANTARA/BS65)