Legislator Kalteng Dorong Rute Penerbangan Palangka Raya-Kaltim Dibuka

Ilustrasi - Sebuah pesawat lepas landas di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Senin (20/12/2021).ANTARA/Kasriadi

PALANGKA RAYA – Legislator Kalimantan Tengah Purman Jaya mendorong sekaligus meminta pemerintah provinsi, berkomunikasi ke pemerintah pusat maupun sejumlah maskapai penerbangan, agar membuka rute penerbangan baru dari Palangka Raya langsung ke Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Usulan membuka rute baru itu untuk memudahkan dan mempercepat urusan pemerintah daerah kepada pemerintah pusat saat Ibu Kota Negara (IKN) pindah ke Nusantara, kata Purman di Palangka Raya, Rabu 13 April 2022.

“Harus sudah mulai dipikirkan dari sekarang rute penerbangan Palangka Raya-Balikpapan itu. Jadi, tidak perlu transit melalui daerah lain lagi kalau ingin ke IKN Nusantara,” ucapnya.

Menurut Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kalteng itu, IKN secara hukum telah resmi berpindah dari DKI Jakarta ke Nusantara. Sekarang ini lebih kepada proses membangun infrastruktur dan memindahkan secara bertahap pemerintah pusat.

BACA JUGA:   Saling Menghormati dan Tetap Menjaga Toleransi di Bulan Ramadan

“Jadi, segala urusan pemerintah maupun masyarakat akan lebih banyak ke Nusantara dibandingkan ke Jakarta,” kata Purman.

Selain membuka rute penerbangan baru, Anggota DPRD Kalteng itu juga mengingatkan dan meminta jalur transportasi darat dari provinsi ini ke Kalteng, terkhusus ke IKN Nusantara, harus terus ditingkatkan guna memperlancar arus transportasi barang dan jasa.

Dia mengatakan peningkatan ruas jalan itu utamanya dari Kecamatan Tewei Timur dan Gunung Pirei, Kabupaten Barito Utara. Sebab, dua kecamatan di Barito Utara itu berbatasan langsung ke Kabupaten Kutai Barat, Kaltim.

BACA JUGA:   Persoalan Pendidikan di Kalteng Harus Segera Diselesaikan Secara Adil

“Program strategis Pemerintah Pusat dan Provinsi Kalteng juga harapannya lebih banyak ke wilayah Timur, atau Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito,” kata Purman.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barut dan Murung Raya itu menyebut, peningkatan infrastruktur darat dan udara serta proyek sektor pertanian diharapkan lebih banyak ke daerah perbatasan Kalteng-Kaltim.

“Bagaimanapun DAS Barito sangat dekat dan harus mulai dipersiapkan sebagai daerah pemenuhan sandang dan pangan bagi penduduk IKN ke depan,” demikian Purman Jaya.

ANTARA