5 Tahun TP PKK Kobar Telah Banyak Berkiprah Menorehkan Program Kerja Untuk Masyarakat

Foto bersama Ketua TP PKK Kabupaten Kobar Mina Irawati dengan Pengurus dan para Kader PKK, usai Kegiatan Jambore TP PKK di Gedung Serba Guna Antakusumah.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan beritasampit.co.id).

TIM PENGGERAK Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) di Nahkodai seorang perempuan cantik dan muda, yang juga salah seorang politisi PDI Perjuangan di DPRD Kabupaten Kobar, yakni Mina Irawati Ahmadi Riansyah.

Pengamatan penulis selama kurun waktu 5 tahun (2017-2022) menahkodai TP PKK- Kabupaten Kobar, telah banyak menorehkan berbagai kegiatan program kerjanya, yang menyentuh kehidupan masyarakat di perdesaan, khususnya dalam mengembangkan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pada dasarnya PAUD adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun melalui rangsangan pendidikan.

“Alhamdulillah selama 5 tahun melaksanakan berbagai program Gerakan TP PKK Kabupaten Kobar, khususnya kegiatan program PAUD telah banyak menghasilkan prestasi, baik piagam, piala tingkat Provinsi Kalteng bagi TP PKK Kabupaten Kobar,” kata Mina Irawati, kepada penulis.

Selain program PAUD, juga program lainnya setiap tahun selalu dilaksanakan berbagai penyuluhan dan latihan untuk meningkatkan kreativitas para Kader TP PKK dalam memberikan bimbingan dan latihan kepada masyarakat.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar dan Insan Pers Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

Singkatnya, menjelang berakhirnya Mina Irawati Ahmadi Riansyah menahkodai TP PKK Kabupaten Kobar, Minggu, 15 Mei 2022 telah menggelar kegiatan JAMBORE PKK yang bertema “Melalui Jambore PKK Kita Tingkatkan Kreativitas Kader Guna Akselerasi Terwujudnya Program PKK” di Kabupaten Kobar.

Kegiatan Jambore TP PKK 2022, pengamatan penulis cukup unik dan penuh dengan kreativitas yang benar-benar menyentuh kepada semua Kader TP PKK Kabupaten Kobar.

Unik dan penuh kreatif lantaran kegiatan Jambore tersebut  melombakan 10 program TP PKK, yang semboyannya sering dilihat pada Papan/Plang yang berdiri di beberapa sudut strategis tentunya di semua kota di Indonesia, termasuk di Kota Pangkalan Bun.

Memang dari 10 program TP PKK, telah membuktikan bangkitnya kreativitas kaum perempuan untuk sejajar dengan kaum laki-laki. Uniknya ke 10 program TP PKK, program pokonya berdasarkan kondisi, kebutuhan dan kemampuan daerahnya masing-masing dengan berpegang pada visi dan misinya.

Pengamatan penulis, hal tersebut di atas, TP PKK Kabupaten Kobar yang dipimpin Mina Irawati Ahmadi Riansyah, selama decade 5 tahun dari tahun 2017 yang akan berakhir 22 Mei 2022, telah berhasil melaksanakan Gerakan 10 Program TP PKK di Kabupaten Kobar.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Curang, Satreskrim Polres Kobar Cek Tiga SPBU

Agar Semboyan 10 Program TP-PKK tetap melekat di hati masyarakat, penulis sengaja kembali menuangkannya sebagai berikut :

1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
2. Gotong Royong
3. Pangan
4. Sandang
5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
6. Pendidikan dan Keterampilan
7. Kesehatan
8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
9. Kelestarian Lingkungan Hidup
10. Perencanaan Sehat

Kegiatan Jambore PKK ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya, pada dua tahun yang lalu dilaksanakan Jambore PKK yang pertama. Karena adanya Covid-19 maka dihentikan sementara waktu, sebab kegiatan Jambore PKK ini banyak mengumpulkan banyak orang, sehingga dihentikan pada saat kasus Covid-19 di Kobar melonjak.

“Alhamdulillah tahun ini di penghujung masa Jabatan ibu akan berakhir, 22 Mei 2022 Jambore PKK tingkat Kabupaten dapat kita laksanakan kembali,” ungkap Mina Irawati.