Berau dan Kukar Kembali Masuk Zona Kuning COVID-19

Infografis perkembangan kasus COVID-19 Provinsi Kaltim (Arumanto)

SAMARINDA – Dua wilayah di Provinsi Kalimantan Timur yakni Kabupaten Berau dan Kabupaten Kutai Kartanegara kembali masuk dalam zona kuning COVID-19, setelah temuan satu pasien terkonfirmasi positif di wilayah tersebut pada update kasus harian Satgas COVID-19 Kaltim, Selasa 24 Mei 2022.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan Berau dan Kutai Kartanegara sebelumnya dalam status bebas kasus virus Corona bersama dengan tiga wilayah Kaltim lainnya.

” Tiga wilayah yang masih bertahan di zona hijau yakni Mahakam Ulu, Paser dan Bontang,” kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Sementara itu, Andi menyebutkan wilayah di Kaltim lainnya saat ini juga masih dalam status zona kuning diantaranya Balikpapan, Kutai Timur, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Samarinda dan Penajam Paser Utara.

Menurut Andi meski jumlah status wilayah yang sudah terbebas dari virus corona mulai berkurang, namun pasien terkonfirmasi positif yang menjalani perawatan juga terjadi penyusutan.

Saat ini, lanjut Andi pasien terkonfirmasi positif yang menjalani perawatan di wilayah Kaltim hanya tersisa 26 orang.

Pasien tersebut tersebar di Balikpapan 10 orang, Kutai Timur tujuh orang, Kutai Barat empat orang, Samarinda dua orang, Kutai Kartanegara satu orang, Berau satu orang dan Penajam Paser Utara satu orang.

Andi mengatakan penularan virus masih terus terjadi, meski dalam skala kecil yakni dalam kisaran kurang dari sepuluh kasus baru setiap harinya.

Dia mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada, mengingat pemerintah juga telah melenturkan aturan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker di tempat terbuka yang saat ini sudah dibolehkan kembali.

” Masyarakat harus senantiasa menjaga kesehatan, karena kondisi fisik yang sehat menjadi proteksi terhadap penularan virus,” pesan Andi Muhammad Ishak.

ANTARA