Usai Banjir, Dewan Minta Masyarakat Waspada Penyebaran Penyakit

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Mustofa Joyo Muchtar.

MUARA TEWEH – Pasca banjir yang melanda Kabupaten Barito Utara beberapa waktu lalu, salah satu anggota DPRD Mustofa Joyo Muchtar mengajak masyarakat agar tetap waspada sekaligus tetap menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar.

Legislator dari partai Gerindra itu menyampaikan biasanya setelah banjir terjadi banyak penumpukan sampah akibat genangan yang terbawa oleh air, menurutnya rentan terhadap penyebaran penyakit.

“Kalau hal ini tidak cepat dibersihkan maka akan banyak seperti kuman juga bau sampah yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan,” ucap Mustofa Joyo Muchtar, Senin 30 Mei 2022.

Mustafa melanjutkan perlu kesadaran bermasyarakat sehingga dapat bersama membersihkan lingkungannya masing-masing, seperti genangan air akibat banjir bisa menjadi sarang nyamuk malaria karenanya sangat penting untuk segera dilakukan pembersih massal.

Ia juga mengharapkan agar Dinas Kesehatan segera memerintahkan tenaga medis untuk melakukan pemeriksaan rutin ke warga jika terdampak penyakit pada saat banjir.

“Saya juga berharap jika banjir, baik dari dinas terkait agar bisa turun ke lapangan, hal ini sangat penting karena pada umumnya warga kita selain lalai dalam memperhatikan kesehatan sedikitnya waktu untuk berobat terkecuali pada saat sakit,” pungkasnya. (ISK/beritasampit.co.id).