Polres Barito Utara Musnahkan Sabu-sabu 189,76 Gram

IST/BERITA SAMPIT - Polres Barito Utara saat memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu 189,76 gram, Kamis 2 Juni 2022.

MUARA TEWEH – Polres Barito Utara memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu 189,76 gram dalam kurun waktu Januari sampai April 2022 yang disita oleh Satnarkoba Polres Barito Utara, Kamis 2 Juni 2022.

Sabu-sabu itu, dimusnahkan dengan cara dilarutkan kedalam air dan dicampur dengan bahan kimia, lalu dibuang di sekitar halaman Mapolres Barito Utara.

Kapolres Barito Utara AKBP Gede Pasek Muliadnyana, melalui Kasat Narkoba AKP Syaifullah mengatakan bahwa pemusnahan barang bukti ini hasil pengungkapan kasus tindak kejahatan narkotika.

“Jika dibandingkan dari tahun 2021 hanya 43,89 gram, sedangkan di tahun 2022 ini lebih meningkat lagi kasus narkotika dari tahun sebelumnya dengan jumlah 189,76 gram,” kata Syaifullah.

Dijelaskannya pada bulan ke 1, barang bukti sebanyak 2,54 gram, bulan ke 2, sebanyak 39,27 gram, lanjut bulan ke 3, sebanyak 119,41 gram, dan bulan ke 4 sebanyak 37,54 gram.

“Jadi total barang bukti sabu-sabu yang dimusnahkan hari ini sebanyak 189,76 gram bruto,” tambah Syaifullah.

Ketua BNK Kabupaten Barito Utara, Sugianto Panala Putra menyampaikan mengenai mindset terhadap permasalahan narkoba agar bisa merubah pandangan terhadap pengguna narkoba.

“Jadi menghadapi mereka solusinya adalah disembuhkan melalui rehabilitasi secara komprehensif, mulai dari tahap rehabilitasi medis sampai pada rehabilitasi total,” kata Sugianto Panala Putra.

Dijelaskannya menyangkut peran dan kontribusi anggota masyarakat adalah untuk mencegah serta menyelamatkan penguna narkoba. Hal ini dimulai dari lingkungan keluarga yang merupakan langkah awal dalam membangun gerakan nasional mewujudkan hidup sehat tanpa narkoba.

“Saya rasa langkah ini dapat kita lakukan dengan membangun budaya saling asah, asuh, asih dalam keluarga, karena dari situlah awal dari dimensi pencegahan dan dimensi rehabilitasi untuk menyelamatkan penguna narkoba secara nasional,” ujar Sugianto yang juga sebagai Wakil Bupati Barito Utara. (ISK/beritasampit.co.id).