Kakanwil Kemenkumham Kalteng Kunjungan Kerja Sekaligus Buka Pelatihan di Lapas Muara Teweh

ISKANDAR/BERITA SAMPIT: Penyematan peserta pelatihan dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Dr. Hendra Ekaputra didampingi Kalapas Muara Teweh Huzaifah Makmur Hidayah, Selasa 7 Juni 2022.

MUARA TEWEH- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Tengah Dr. Hendra Ekaputra melakukan kunjungan kerja ke lapas kelas II B Muara Teweh, Selasa 7 Juni 2022, siang.

Kunjungan kerja di Kabupaten Barito Utara disambut hangat dengan tarian selamat datang khas Dayak, sekaligus membuka acara pelatihan fisik, mental dan disiplin untuk petugas lapas dan pelatihan pembinaan kemandirian keterampilan elektronik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Hendra Ekaputra menyampaikan pelatihan fisik dan mental bertujuan agar petugas lapas lebih siap dalam menjalankan tugasnya, sementara pembinaan kemandirian keterampilan dilakukan guna membekali warga binaan pemasyarakatan terampil saat kembali ke masyarakat.

“Sehingga mereka terampil membuka lapangan pekerjaan, selain itu ada bina rohaninya, jadi semua yang ada diadakan didalam lapas. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

BACA JUGA:   SMAN 1 Muara Teweh Laksanakan MPLS Siswa Baru

Ditempat yang sama, Kalapas Muara Teweh Huzaifah Makmur Hidayah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang menghadiri acara itu, ia mengatakan kegiatan ini dapat dijadikan motivasi bagi seluruh petugas serta citra positif sebagai lembaga yang dapat mendidik karakter membina mental dan fisik.

“Diharapkan dapat memberikan citra positif, sehingga masyarakat dapat berfikir lapas bukanlah lembaga yang membelenggu kreatifitas para warga binaan, tapi lembaga yang turut berperan aktif membangun karakter dan meningkatkan keterampilan,” ungkap Huzaifah.

Senada, menurut Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Arfan Faiz Muhlizi, lapas bukan lagi sebagai lembaga yang memberikan hukuman tetapi dapat memberikan pendidikan agar warga binaan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan melahirkan karya kewirausahaan.

BACA JUGA:   Keren! Berbagai Lomba Seni Tradisional dan Budaya Meriahkan Hari Jadi ke 72 Kabupaten Barito Utara

“Agar nanti hidup dimasyarakat memberikan karya, tidak lagi mengulang perbuatan yang dulu pernah dilakukan, sehingga mereka tidak minder ketika hidup berdampingan dimasyarakat. Bahkan karya yang dihasilkan pun nantinya dapat dipasarkan dibuat brand maupun merek,” tambah Arfan.

Kunjungan Kerja Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng Hendra Ekaputra juga melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan pembinaan di lapas kelas II B Muara Teweh serta menyapa dan berdialog dengan warga binaan pemasyarakatan.

(ISK/beritasampit.co.id)