Menarik! Selain Wisata Alam, Kebun Raya Juga Sediakan Ini!

pelepasan bibit ikan di kolam kebun raya.

KASONGAN – Kebun raya ini memiliki luas sekitar 127 hektare, terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 13 Kasongan dan berdampingan dengan tempat wisata Bukit Batu Kasongan.

Saat ini pemerintah kabupaten katingan melalui dinas terkait terus melakukan penantaan untuk objek wisata alam dan edukasi tersebut. Bahkan saat ini, di Kebun Raya Katingan sudah ada kolam ikan. Rencananya, tempat itu akan menjadi kolam pemancingan para pengunjung kebun raya itu.

Pembuatan kolam ini mendapat apresiasi Bupati Katingan Sakariyas. Dia mengatakan selain pengunjung bisa menikmati wisata alam, juga bisa sambil mengisi waktu dengan memancing di tempat itu.

Ide ini dinilai sangat menarik. Bahkan bupati ingin, tak cukup hanya diisi dengan ikan patin saja. Dia minta Dinas Lingkungan Hidup Katingan bisa mengisi dengan jenis ikan yang lainnya. Sehingga para pengunjung sendiri, jika memancing tidak hanya mendapat ikan patin, tapi juga bisa mendapat ikan jenis lain.

“Saya maunya di tempat itu nanti ada ikan nila, gabus, papuyu dan lainnya,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Pemkab Katingan ini, masyarakat Katingan yang memiliki hobi memancing di kolam, tidak perlu lagi mancing ke tempat lain. Sebab saat ini sudah disiapkan tempat pemancingan di wilayah sendiri.

“Nanti jika ikannya sudah besar, silahkan dipancing. Untuk mancing ini harus bayar. Misal dari ikan yang didapat atau lainnya. Karena ini untuk sumber PAD kita,” tandasnya.

(Kawit)