Tak Ada Kasus Baru Covid-19 di Seluruh Kabupaten dan Kota di Kalsel

Petugas memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada warga lanjut usia di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (10/6/2022). (ANTARA/Firman)

BANJARMASIN – Seluruh kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan pada Sabtu tanpa kasus baru COVID-19 menurut data Dinas Kesehatan.

Data Dinas Kesehatan menunjukkan, penderita COVID-19 yang masih menjalani karantina dan atau perawatan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan tinggal 24 orang.

Penderita COVID-19 yang masih menjalani karantina dan atau perawatan tersebar di Banjarmasin (9 orang), Banjarbaru (2 orang), Tanah Laut (3 orang), Banjar (7 orang), Kotabaru (1 orang), Barito Kuala (1 orang), dan Hulu Sungai Selatan (1 orang).

Di wilayah Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Tanah Bumbu, dan Balangan sudah tidak ada lagi penderita COVID-19 yang masih menjalani karantina dan atau perawatan.

Meski angka kasus infeksi virus corona sudah rendah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Diauddin meminta warga tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan COVID-19.

“Jangan kendor, tetap disiplin protokol kesehatan, pakai masker,” katanya di Banjarmasin, Sabtu 18 Juni 2022.

Dia mengemukakan bahwa warga tidak boleh lengah meski pembatasan kegiatan sudah dilonggarkan setelah semua kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan masuk wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

Dia mendorong warga yang belum mendapat vaksinasi penguat mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga.

Menurut dia, vaksinasi penguat baru mencakup sekitar 20 persen dari sekitar 2,9 juta warga yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Kalimantan Selatan.

Angka itu, ia melanjutkan, jauh lebih rendah dibandingkan angka cakupan vaksinasi dosis pertama dan kedua yang masing-masing sudah lebih dari 93 persen dan 70 persen.

Jumlah akumulatif kasus COVID-19 di Kalimantan Selatan sejak awal pandemi sampai sekarang tercatat 84.345 dengan jumlah penderita yang sudah sembuh sebanyak 81.785 orang dan pasien yang meninggal dunia total 2.536 orang. (Antara/beritasampit.co.id).