Sungai Meluap, Air Masuk ke Pemukiman Warga Desa Bakumpai

IST/BERITA SAMPIT - Debit air meluap hingga kepemukiman rumah warga.

KASONGAN – Curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan masih tinggi. Dampaknya, sungai Katingan dan sungai Samba meluap.

Luapan air tersebut merendam sebagian wilayah Kecamatan Katingan Tengah salah satunya Desa Samba Bakumpai.

Kendati terjadi kenaikan air hingga kepemukiman, aktivitas masyarakat masih dapat dilakukan seperti biasa dan normal.

“Malam tadi memang sempat mengalami kenaikan akibat debit sungai samba dan sungai Katingan meluap. Tap siang tadi sudah mulai turun,” ucap Camat Katingan Tengah Yobie Sanra dengan beritasampit.co.id. Jumat 1 Juli 2022.

Dirinya meminta warga supaya mewaspadai kemungkinan banjir yang terjadi. “Kami mengimbau masyarakat tetap waspada. Apalagi informasi dari BMKG curah hujan berpotensi tinggi kembali hari ini,” tambahnya.

Terpisah Kepala Desa (Kades) Samba Bakumpai Halim menerangkan kenaikan debit air sempat merendam sejumlah pekarangan rumah warga dan fasilitas umum lainnya, tapi hingga siang ini pukul 14.40 Wib air mulai mengalami penurunan tapi agak lambat.

IST/BERITA SAMPIT – Kondisi air meluap di Fasiltas Umum Desa Samba Bakumpai, Kecamatan Katingan Tengah, Katingan.

Kades menyebutkan curah hujan cukup deras terjadi sejak kemaren malam hingga tadi malam. “Sejak pagi tadi cuaca cukup cerah dan tidak hujan, namun siang ini agak mendung,” sebutnya.

Ia juga merinci kenaikan air terjadi dari RT.01-06 bagian bawah dan atas Jalan Desa Samba Bakumpai dan jalan Lintas Kabupaten RT. 07, 08  bagian bawah. Selain itu fasilitas umum seperti Feri penyeberangan hanya 1 yang beroperasi.

Sedangkan sekolah halaman yang terendam yaitu TK Tunas Harapan, Madrasah Aliyah As Shalihin, fasilitas agama (Mesjid dan Mushola) aman, rumah warga yang terendam (RT 01 : 4 buah, RT.02 : 5 buah, RT 04 : 3 buah, RT 07 : 5 buah, RT 08 : 4 buah).

Dari informasi yang diterima Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, menyebutkan 13 kecamatan di Wilayah Katingan diprediksi pukul 13.00 Wib – 16.00 Wib mengalami hujan ringan.

Bila itu terjadi curah hujan masih tinggi dibagian hulu lainnya seperti Katingan Hulu, tidak menutup kemungkinan banjir kembali seperti tahun 2021 yang lalu.

Meluapnya Sungai Katingan di wilayah hulu menyebabkan warga yang bermukim di wilayah hilir terutama yang tinggal di tepi Sungai Katingan khawatir ada banjir kiriman

“Yang dikwatirkan kalau dibagian utara atau hulu hujan dan 2 sungai (Samba dan Katingan) meluap sudah dapat dipastikan akan terjadi banjir lagi dibagian hilir,” pungkas Kades.

(Kawit/Beritasampit.co.id)