Anggota Dewan Sri Lestari Mengapresiasi Jasa-jasa Prof.Dr.Birute Mary Galdikas

Ist/BERITA SAMPIT : Prof.Dr.Birute Mary Galdikas dan Sri Lestari Anggota DPRD Kab.Kobar.

PANGKALAN BUN – Sosok legendaris seorang Wanita Penyelamat Orangutan yang nyaris punah di dunia. Prof.Dr.Birute Mary Galdikas, walaupun setelah ditinggal selama-lamanya oleh suaminya Bohap Bin Jalan, kesibukan Ibu Birute yang sudah berusia 76 tahun tetap berjalan menjadi Presiden Orangutan Foundatioan International (OFI) dan Yayasan Orangutan International Kalimantan (YOIK).

 

“Benar-benar luar biasa Ibu Profeosr Birute, walaupun usianya sudah cukup senja tapi masih bisa mengendalikan kegiatannya,“ kata Anggota DPRD Kabupaten Kobar Sri Lestari, saat dikonfirmasi, Sabtu 2 Juli 2022.

 

Sri Lestari sangat mengapresiasi Prof. Dr. Birute Mary Galdikas, yang telah banyak menorehkan jasa-jasanya untuk Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalteng dan dunia.

 

“Hanya beliaulah satu-satunya wanita di dunia yang telah berhasil menyelamatkan kehidupan orangutan dihabitatnya di hutan Taman Nasional Tanjung Puting, yang telah membawa harum nama Kotawaringin Barat ke mancanegara,“ ujar Sri Lestari.

 

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) bisa terkenal ke Asia dan Eropah, lanjut Sri Lestari, berkat jasa-jasa Ibu Birute karena TNTP telah menjadi salah satu koloni Orangutan terbesar di dunia.

 

Ketika Sri Lestari ditanya beritasampit. Apakah setuju kalau Patung Prof.Dr.Birute Mary Galdikas dibangun, misal dibangun di Taman Kota Manis Pangkalan Bun?.

 

“Saya setuju saja, namun tentunya kita harus berumbuk dengan semua pihak khususnya untuk menempatkan patung, Ibu Birute  agar nantinya tidak kontropersi,“ jawab Sri Lestari. (man/beritasampit.co.id).