Festival Budaya Diharapkan Mampu Jadi Ajang Promosi Potensi Wilayah

Sekda Katingan Pransang bersama peserta dari 13 Kecamatan Se-Kabupaten Katingan foto bersama usai penutupan Festival Budaya Penjang Hinjie Simpei.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan Pransang, resmi menutup pelaksanaan Festival Budaya Penyang Hinje Simpei (PHS) dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-20 Kabupaten Katingan, di Stadion Sport Center Katingan, pada Jumat 15 Juli 2022.

Dalam kesempatan itu, Sekda Katingan Pransang, menyampaikan ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas keikutsertaan dan kehadiran peserta dari 13 kecamatan se-kabupaten katingan.

“Saya ucapkan selamat jalan, selamat berkumpul dengan keluarga. Sampaikan salam dan doa saya serta selamat bertemu kembali pada kegiatan festival budaya penyang hinje simpei tahun 2023 mendatang,” jelas Pransang.

Dirinya berharap kegiatan tahunan ini, menjadi wahana dalam rangka mengoptimalkan pembinaan dan pengembangan yang bermanfaat bagi pelestarian kebudayaan masyarakat dayak khususnya Kabupaten Katingan dan Provinsi Kalimantan Tengah secara umum.

Menurutnya, apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan daribpelaksanaan kegiatan ini menjadi catatan dan masukan bagi panitia dalam pelaksanaan Festival Budaya Penyang Hinje Simpei pada tahun yang akan datang.

“Saya ucapkan selamat kepada Kecamatan Mendawai yang sudah dinobatkan sebagai juara umum Festival Budaya Penyang Hinje Simpei tahun 2022 ini. Namun, hati-hati untuk tahun depan, karena persaingan semakin banyak dan tidak menutup kemungkinan bisa tergeser apabila tidak mempersiapkan secara matang pada tahun berikutnya,” tegasnya.

Dinobatkannya Kecamatan Mendawi sebagai juara umum Festival Budaya Penyang Hinje simpei adalah karena lebih banyak memenangkan juara pada perlombaan Tarian Daerah, Karungut, Manyipet dan Lawang Sakepeng.

(Annas)