Ini Daftar Pemenang Festival Budaya Penyang Hinjei Simpei

Sekretaris Daerah Pransang saat menyerahkan hadiah kepemenang Festival Penyang Hinjei Simpei.

KASONGAN – Gelaran festival budaya penyang hinje simpei di Lapangan Sport Center Kereng Humbang,  Kasongan resmi ditutup, Jumat, 15 Juli 2022.

Sekda Katingan Pransang menutup festival budaya penyang hinje simpei yang terdiri dari empat kategori lomba itu, yakni lawang sakepeng, manyipet, karungut, dan tari daerah.

Berdasarkan pengumuman dewan juri,  sejumlah peserta dinyatakan menjadi yang terbaik. Adapun  hasil lomba festival budaya penyang hinje simpei atau FBHS sebagai berikut:

Untuk kategori tari daerah juara 1 Kecamatan Mendawai. Kemudian juara 2 kontingen Kecamatan Tewang Sangalang Garing, juara 3 Kecamatan Katingan Hulu.

Sementara juara harapan 1 Kecamatan Katingan Hilir, harapan 2  Kecamatan Sanaman Mantikai dan harapan 3  Kecamatan Pulau Malan.

Sedangkan kategori karungut putra juara 1 Kecamatan Mendawai, juara 2  Kecamatan Pulau Malam dan juara 3  Kecamatan Marikit.

Sedangkan juara harapan 1 Kecamatan Katingan Kuala, harapan 2 Kecamatan Petak Malai, dan harapan 3 Kecamatan Katingan hulu.

Untuk kategori karungut putri juara 1 Kecamatan Petak Malai, juara 2 Tasik Payawan, juara 3 Bukit Raya.

Adapun kategori manyipet juara 1  Kecamatan Tasikpayawan, juara 2 Katingan hilir dan juara 3 Kecamatan Marikit.

Sedangkan kategori lawan sakepeng juara 1 Kecamatan Sanaman Mantikai, juari 2 Marikit dan juara 3 Kecamatan Katingan hilir.

Untuk penata tari terbaik  adalah Katingan Hulu, penata musik terbaik Kecamatan Mendawai. Kecamatan Mendawai juga dinobatkan sebagai juara umum.

“Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba,  dan bagi yang belum mendapatkan hasil terbaik jangan berkecil hati dan tetap semangat, terpenting dari ajang ini kita sama-sama melaksanakan silaturahmi antar peserta di 13 wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan yang kita cintai ini, ” kata Sekda Katingan Pransang mewakili Bupati Sakariyas saat penutupan.

(Hms)