Kecamatan Mendawai Juara Umum Festival Budaya Penyang Hinje Simpei

ANNAS/BERITASAMPIT - Sekda Katingan, Pransang, saat menyerahkan Piala bergilir kepada Camat Mendawai sebagai juara umum Festival Budaya Penyang Hinje Simpei 

KASONGAN – Festival Budaya Penyang Hinje Simpei dalam rangka Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Katingan selesai digelar. Dari 4 cabang lomba, Kecamatan Mendawai berhasil mendapat juara terbanyak dan dinobatkan sebagai juara umum pada tahun 2022, menggeser posisi Kecamatan Katingan  Hilir sebagai juara umum pada tahun sebelumnya.

Penutupan Festival Budaya Penyang Hinje Simpei ini, ditutup secara resmi oleh Bupati Katingan Sakariyas, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan Pransang, di lapangan Sport Center Kasongan, Jumat 15 Juli 2022.

Sekda Katingan, Pransang, mengatakan sangat menyambut baik dan mendukung sepenuhnya prakarsa dilasanakannya kegiatan Festival Budaya Penyang Hinje Simpei tahun 2022.

“Semoga apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan pelaksanaan kegiatan ini menjadi catatan dan masukan bagi panitia dalam pelaksanaan Festival Budaya Penyang Hinje Simpei pada tahun yang akan datang,” jelasnya.

Sekda Katingan, berharap melalui kegiatan Festival Budaya ini menjadi wahana dalam rangka mengoptimalkan pembinaan dan pengembangan yang bermanfaat bagi pelestarian kebudayaan masyarakat dayak khususnya Kabupaten Katingan dan Provinsi Kalimantan Tengah secara umum.

BACA JUGA:   Kasus Pencurian Sarang Burung Walet di Katingan Berakhir Damai

” Kepada semua peserta lomba yang telah mengikuti semua rangkaian kegiatan lomba. Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas keikutsertaan dan kehadiran peserta dari kecamatan di wilayah Kabupaten Katingan,” ungkap Pransang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga (Disbudparpora) Katingan, Risnaduar, mengatakan kegiatan festival yang dilaksanakan selama 3 hari yang berlangsung pada 13-15 Juli 2022 tersebut berjalan lancar dan aman.

“Selama perlombaan berlangsung tidak ada dari semua peserta yang mengajukan protes dan menerima dengan baik hasil juara yang diumumkan. Untuk tahun ini juara umum berhasil diraih oleh Kecamatan Mendawai, pasalnya berhasil memperoleh juara terbanyak pada Festival Budaya Penyang Hinje Simpei tahun 2022 ini,” singkatnya.

BACA JUGA:   Lantik Pj Kades dan PAW BPD, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

Lanjutnya, Khususnya penata tari terbaik dari diraih oleh Kecamatan Katingan Hulu, dan untuk penata musik Terbaik dari Kecamatan Mendawai.

“Dari hasil lomba ini, panitia penyelenggaran memberikan piala dan piagam penghargaan serta uang pembinaan kepada peserta yang mendapatkan prestasi,” pungkasnya.

Berikut urutan pemenang dan lomba yang dipertandingkan:

Lomba Tari Daerah, juara 1 Kecamatan Mendawai, juara 2  Tewang Sangalang Garing, dan juara 3 Katingan Hulu.

Lomba karungut putra, juara 1 Kecamatan Mendawai, juara 2 Pulau Malan, dan juara 3 Marikit. Karungut Putri, juara 1 Petak Malai, juara 2 Tasik Payawan, dan juara 3 Bukit Raya.

Lomba Manyipet, Juara 1 Kecamatan Tasik Payawan, juara 2 Katingan Hilir, dan juara 3 Marikit.

Lomba Lawang Sekepeng, juara 1 dari Kecamatan Sanaman Mantikei, juara 2 Marikit, dan juara 3 Katingan Hilir.

( Annas/beritasampit.co.id)