Anggota DPRD Ini Imbau Hati-hati Saat Berkendara 

IST/BERITA SAMPIT: Peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalan negara Muara Teweh-Kandui Km. 24/18, Desa Hajak, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara. Rabu 20 Juli 2022, belum lama ini.

MUARA TEWEH- Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar saat berkendara lebih berhati-hati dan selalu mematuhi aturan lalu lintas. Pasalnya akhir-akhir ini, sering terjadi kecelakaan.

“Banyaknya laka lantas yang terjadi akhir-akhir ini, kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas,” ujar Mustafa saat dikonfirmasi, Selasa 26 Juli 2022.

Mustafa mengingatkan, kepada para pengendara agar tidak melaju dengan kecepatan tinggi dan sesuai dengan aturan lalu lintas yang ada di jalan raya saat ini, apalagi di daerah yang berpotensi rawan kecelakaan lalu lintas.

“Kemudian mengurangi kecepatan itu penting agar diperhatikan sehingga kecepatan nya dapat dikendalikan tidak melebihi ambang batas yang telah ditentukan baik saat mengendarai kendaraan bermotor, roda dua maupun roda empat,” tambah Mustafa.

Selain itu, masyarakat juga diminta jika saat mengemudi menempuh jarak dekat maupun jauh, saat mengalami rasa kantuk selama berkendara, ia menyarankan lebih baik beristirahat dulu.

“Kemudian perhatikan kondisi tubuh, jika seandainya lelah atau mengantuk maka dapat beristirahat atau tidurlah dulu, karena rasa kantuk yang muncul saat mengemudi dapat menjadi masalah serius sekaligus membahayakan, menurunkan fokus hilangnya kendali atas kendaraan yang dikemudikan,” jelasnya.

Ia juga menyarankan memeriksa kondisi beberapa bagian pada kendaraan sebelum dipakai menempuh perjalanan, salah satu bentuk upaya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kondisi kendaraan juga diperhatikan baik rem dan hal-hal lain, barang kali ada yang rusak karena ini terkait dengan keamanan diperjalanan,” tutup politisi muda dari partai Gerindra itu.

(isk)